Kamis 26 Nov 2015 14:00 WIB

BW: Korupsi Sama dengan Kolonialisme

Rep: Yulianingsih/ Red: Angga Indrawan
Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto (BW) mengatakan, korupsi itu sama dengan kolonialisme. Apa yang dilakukan koruptor dan dampak yang ditimbulkannya sama dengan perilaku kolonialisme dan dampak bagi masyarakat serta negara.

"Koruptor menggunakan kekuatan modal dan mengeruk sumber daya alam, merusak aturan serta menebar ketakutan masyarakat. Dulu penjajah juga melakukan hal yang sama membangun kekuatan untuk menakuti masyarakat, mengeruk kekayaan. Tidak ada bedanya," ujarnya saat memberikan kuliah umum pada ribuan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kamis (26/11).

Menurutnya korupsi menjadi penyebab utama hilangnya kepercayaan publik pada birokkrasi, hilangnya banyak sumber daya alam (SDA) dan munculnya kemiskinan. Korupsi bukan hanya sebatas kerugian negara semata namun dampaknya lebih banyak lagi. 

"Jutaan anak-anak kita hari ini masih di bawah garis kemiskinan. 70 tahun sudah kita merdeka. Ada apa dengan negara kita," katanya.