Rabu 16 Dec 2015 17:50 WIB

Jakarta Panen Bawang Merah

Red: Esthi Maharani
Bawang Merah
Foto: Republika/Prayogi
Bawang Merah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petani bawang merah di DKI Jakarta, berhasil panen perdana bawang merah sebanyak 15 ton di areal seluas 1,5 hektar di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat menyatakan, kekagumannya karena ternyata di Ibu kota masih bisa ditanami sayuran dengan hasil memuaskan.

"Jakarta yang selama ini dinilai tak ada petani, ternyata ada petani bahkan mampu menanam bawang merah," katanya, Rabu (16/12).

Menurut Wagub, bawang merah hasil panen petani tersebut siap dibeli oleh PD Pasar Jaya, perusahaan pasar milik Pemda DKI, dengan harga Rp11.000/kg basah. Saat ini, lanjutnya, harga bawang merah di pasaran untuk kualitas kering sebesar Rp40.000/kg sedangkan kondisi basah sebesar Rp10.000/kg.

Pihaknya meminta masyarakat untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau, baik berupa lahan terlantar maupun tanah-tanah pekarangan guna mengembangkan tanaman sayur-sayuran khususnya secara organik karena harganya lebih tinggi dibandingkan sayuran biasa.