Ahad 24 Jan 2016 15:34 WIB

Wali Kota Risma Luncurkan Kampung Wisata Berbasis Masyarakat

Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyusuri Kampung Lawas Maspati, Surabaya
Foto: Istimewa
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyusuri Kampung Lawas Maspati, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Terpilih Surabaya Tri Rismaharini bersama Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, Toto Heli Yanto, meluncurkan destinasi wisata eksotik, Kampung Lawas Maspati, di Bubutan, Surabaya, Jawa Timur, Ahad  (24/1). Peresmian tersebut sekaligus menandai penyelenggaraan Festival Kampung Lawas Maspati 2016. 

Perhelatan tahunan itu diselenggarakan secara swadaya oleh warga kampung itu sendiri. "Pemerintah Kota Surabaya sangat mendukung pengembangan destinasi wisata yang berbasis masyarakat atau dikelola mandiri oleh warga. Akan terus dikembangkan dan diintegrasikan dengan destinasi wisata lain, sebagai sebuah paket kunjungan agar lebih menarik," kata Risma dalam siaran persnya. 

Menurut Sabar, Ketua RW VIII yang juga pegiat pariwisata, diresmikannya Kampung Lawas Maspati sebagai kampung wisata menjadi tonggak kebangkitan wong kampung (warga kampung) untuk terus aktif berkreasi dan bertahan di era globalisasi. "Bertahan dengan tidak kehilangan identitasnya sebagai orang kampung Surabaya asli atau arek Suroboyo,” katanya di tengah acara. 

Menurut dia, dengan diadakannya Festival Kampung Lawas, maka akan mengundang masyarakat untuk berkunjung ke kampung cagar budaya yang terletak tidak jauh dari Tugu Pahlawan itu.