Sabtu 13 Feb 2016 02:34 WIB

Gaikindo: Tren Penjualan Otomotif Menurun

Red: Nur Aini
(dari kiri) Wakil Presiden Toyota Motor manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahyono, Menteri Perindustrian Saleh Husin melihat pengecekan kualitas mobil usai line off Toyota Innova di pabrik PT TMMIN, Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
(dari kiri) Wakil Presiden Toyota Motor manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahyono, Menteri Perindustrian Saleh Husin melihat pengecekan kualitas mobil usai line off Toyota Innova di pabrik PT TMMIN, Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tren penjualan otomotif terus mengalami penurunan sejak awal 2015 menurut hasil survei dari pengusaha industri kendaraan bermotor.

Data resmi dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sejumlah 1.013.291 unit kendaraan bermotor telah terjual di Indonesia pada 2015. Angka tersebut menunjukkan penurunan sebesar 16 persen dari 2014. Toyota masih memimpin angka penjualan mobil dengan 322.466 unit (31,82 persen), diikuti dengan Daihatsu sebanyak 167.808 unit (16,56 persen), Honda 159.253 unit (15,71 persen), Suzuki 121.805 unit (12,02 persen), dan Mitsubishi 112.527 unit (11,1 persen).

Di antara lima besar penyumbang penjualan mobil terbanyak tersebut, hanya Honda yang meningkat penjualannya dibandingkan 2014, yaitu sebesar 15,7 persen, sedangkan pabrikan yang lain penjualannya menurun. Membandingkan apa yang terjadi di ranah penjualan konvensional dan daring (online) selama 2015, di ranah daring masyarakat lebih meminati mobil jenis keluarga atau multipurpose vehicles (MPV), terlihat dari banyaknya pencarian mobil jenis ini di situs jual beli mobil, salah satunya dari carmudi.co.id.

Dilihat dari rentang harga, masyarakat Indonesia menyukai mobil bekas dengan rentang harga Rp 130 juta hingga Rp 200 juta, yang mana rentang ini tersedia juga jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC) dan beberapa mobil MPV low-end yang disukai masyarakat Indonesia.

Bila membandingkan tren di Indonesia dengan di beberapa negara berkembang di kawasan, seperti Filipina dan Vietnam, Indonesia masih menjadi negara unggul penjualan mobil karena penjualan yang masih terhitung cukup besar dengan total 1.013.291 unit. Total penjualan mobil baru di Filipina 288.609 unit, sedangkan di Vietnam 244.914 unit. Hal yang mengejutkan, meskipun keadaan perekonomian kawasan kurang baik dalam beberapa tahun terakhir, penjualan mobil baru di Vietnam meningkat tajam 55 persen dibandingkan 2014.

Pabrikan dengan penjualan terbanyak di Filipina berturut-turut adalah Toyota (43,32 persen), Mitsubishi (18,74 persen), Ford (8,79 persen), Isuzu (7,82 persen), dan Honda (6,69 persen). Sedangkan, pabrikan dengan penjualan terbanyak di Vietnam adalah Thaco (28,5 persen) dan Toyota (24,1 persen). Bila melihat tren yang berkembang secara daring, tidak banyak perbedaan antara di Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement