Kamis 31 Mar 2016 10:35 WIB

Manusia Kerdil Flores Menghilang Saat Manusia Modern Datang

Analisis gigi mengindikasikan Homo floresiensis alias ‘hobbit’ bukanlah manusia modern dengan ukuran yang lebih kecil.
Foto: Yousuke Kai
Analisis gigi mengindikasikan Homo floresiensis alias ‘hobbit’ bukanlah manusia modern dengan ukuran yang lebih kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORES -- Menghilangnya manusia kerdil di Flores (Homo floresiensis), kini dipastikan terjadi dalam era yang bersamaan dengan datangnya manusia modern (Homo sapiens), sekitar 60 ribu hingga 100 ribu tahun lampau.

Menghilangnya manusia "hobbit" dari Flores ini sebelumnya diperkirakan terjadinya sekitar 12 ribu tahun lampau. Namun dengan penggalian terbaru di Gua Liang Bua di Flores menyimpulkan eranya 50 ribu tahun lebih jauh ke belakang.

Data hasil penggalian yang dipublikasikan dalam Jurnal Nature, menunjukkan tulang-belulang Homo floresiensis yang ditemukan tahun 2003 diperkirakan berasal dari era antara 60 ribu hingga 100 ribu tahun silam, dan peninggalan berupa peralatan dari batu yang berusia antara 50 ribu higga 190 ribu tahun.

Data ini membalikkan perkiraan sebelumnya bahwa manusia kerdil dan peralatan mereka menghilang dari muka bumi sekitar 12 ribu tahun silam.

Arkeolog Profesor Bert Roberts dari University of Wollongong Australia, menuliskan laporan penggalian terbaru ini. Dia juga termasuk tim yang melakukan penemuan di 2003. Ketika penemuan Homo floresiensis diumumkan 2004, hal itu memicu perdebatan di kalangan arkeolog dunia.

 

Baca: Sejarah Hari Ini: Dalai Lama Menyelamatkan Diri ke India

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-03-31/manusia-kerdil-dari-flores-menghilang-saat-datangnya-manusia-modern/1564358
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement