Selasa 17 May 2016 17:22 WIB

Polantas Berulah, Mabes: Laporkan Saja

Rep: C30/ Red: Ilham
Polisi Lalu Lintas bersiap razia (ilustrasi)
Foto: Antara/Feny Selly
Polisi Lalu Lintas bersiap razia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan petugas lalu lintas yang berulah di lapangan. Hal ini sejalan dengan menyebarnya dugaan pelanggaran yang dilakukan polisi lalu lintas.

"Bila ada perlakuan petugas yang tidak sesuai dengan standar prosedur operasional dalam proses penindakan terhadap pelanggar tentu tidak dibenarkan, masyarakat terbuka untuk melaporkan oknum yang bersangkutan kepada bidang propam di Polda atau Provos di Polres," kata Kasubdit 1 Direktur Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri, Kombes Asep Adisaputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (17/5).

Saat ditanyakan tentang Wisnuhandy yang mengaku dikeroyok Polantas di Ciputat, menurut Boy sebaiknya yang bersangkutan melaporkan peristiwa yang dialaminya. Apabila orang tesebut merasa tatacara pelaksanaan tugas di lapangan dirasa melanggar norma atau menyimpang.

"Anggota bisa berstatus terperiksa ataupun dugaan pelanggaran kode etik. Bahkan juga bisa terkait masalah tindak pidana penyuapan misalnya berkait korupsi," tutur Boy.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطٰنُ اَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَاِنِّيْ جَارٌ لَّكُمْۚ فَلَمَّا تَرَاۤءَتِ الْفِئَتٰنِ نَكَصَ عَلٰى عَقِبَيْهِ وَقَالَ اِنِّيْ بَرِيْۤءٌ مِّنْكُمْ اِنِّيْٓ اَرٰى مَا لَا تَرَوْنَ اِنِّيْٓ اَخَافُ اللّٰهَ ۗوَاللّٰهُ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, “Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kamu pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.” Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang seraya berkata, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu; aku dapat melihat apa yang kamu tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Allah sangat keras siksa-Nya.

(QS. Al-Anfal ayat 48)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement