Kamis 08 Sep 2016 22:59 WIB

Pakar: Setnov Bisa Gugat Balik Kasus 'Papa Minta Saham'

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Palu Hakim di persidangan (ilustrasi)
Palu Hakim di persidangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII), Muzakir mengatakan sejak awal pertemuan antara mantan Ketua DPR Setya Novanto, Riza Chalid dan Presdir PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoedin belum bisa dikategorikan sebagai pemufakatan jahat.

Menurutnya hal tersebut bukan soal karena Setya Novanto tak punya kewenangan, melainkan karena tidak ada kelanjutan atau bahkan meeting of mind (kesepahaman) yang timbul atas pertemuan tersebut.

"Kalau menurut saya, saya katakan kasus Novanto itu tidak bisa disebut pemufakatan jahat, terlalu jauh untuk mufakat jahat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/9).

Oleh karena itu, ia menilai wajar jika Mahkamah Konstitusi mengabulkan seluruh gugatan uji materi atau judicial review (JR) terkait penafsiran "pemufakatan jahat" yang diajukan Ketua Umum Golkar itu.

Muzakir melanjutkan, saat ini Setnov memiliki kekuatan hukum untuk menggugat pihak yang merekam pertemuan kasus 'papa minta saham', dengan berpegangan pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu. Ia menambahkan, rekaman pembicaraan kasus 'papa minta saham' belum sah secara hukum.

"Rekaman itu belum sebagai tindak pidana. Novanto punya legal standing untuk menggugat orang yang merekam itu. Itu delik personal, tergantung dari Novanto mau menggugat atau tidak," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَفَرَّقُوْٓا اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْۗ وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَّبِّكَ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى لَّقُضِيَ بَيْنَهُمْۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْرِثُوا الْكِتٰبَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ مُرِيْبٍ
Dan mereka (Ahli Kitab) tidak berpecah belah kecuali setelah datang kepada mereka ilmu (kebenaran yang disampaikan oleh para nabi) karena kedengkian antara sesama mereka. Jika tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dahulunya dari Tuhanmu (untuk menangguhkan azab) sampai batas waktu yang ditentukan, pastilah hukuman bagi mereka telah dilaksanakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang mewarisi Kitab (Taurat dan Injil) setelah mereka (pada zaman Muhammad), benar-benar berada dalam keraguan yang mendalam tentang Kitab (Al-Qur'an) itu.

(QS. Asy-Syura ayat 14)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement