Kamis 24 Nov 2016 16:15 WIB

8 Program Unggulan Kampanye Humanesia

Rep: reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Kampanye Humanesia Dompet Dhuafa
Foto: mgrol86
Kampanye Humanesia Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki akhir 2016, Dompet Dhuafa meluncurkan kampanye bertajuk Humanesia, Mereka Keluarga Kita. Dengan kampanye ini diharapkan semangat berbagi kepada pihak yang kurang beruntung dan dhuafa di setiap waktu, termasuk memasuki penghujung tahun.

Menurut Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan, suasana akhir tahun biasanya identik dengan suasana liburan, belanja, atau tamasya ke tempat-tempat wisata. Namun, dengan kampanye ini, Dompet Dhuafa ingin mengajak dan mengingatkan publik, pada saat bersamaan masih ada kelompok masyarakat atau kaum dhuafa yang masih membutuhkan bantuan.

Terlebih, beberapa waktu lalu, sempat terjadi sejumlah bencana alam. Mulai banjir bandang di Garut ataupun banjir di Bandung.

''Jadi kalimat resolusi yang biasanya hadir di tiap tahun bisa diisi dengan semangat berbagi. Jadi suasananya, suasana berbagi. Sempatkanlah, bahwa di titik lain di Indonesia atau di luar negeri masih terjadi masalah-masalah kemanusiaan, karena mereka juga keluarga kita,'' ujar Imam kepada wartawan di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (24/11).

Tidak hanya itu, Imam juga berharap, semangat berbagi kepada sesama tidak hanya di waktu-waktu tertentu, seperti di Bulan Ramadhan, ataupun Idul Adha. Tapi juga bertahan di setiap waktu, terutama di akhir tahun. Semangat yang dibangun Dompet Dhuafa, ujar Imam, adalah supaya publik tidak berhenti berbuat kebaikan kepada sesama.

''Sejatinya kampanye Humanesia ini mengajak publik untuk tidak mengenal waktu dalam berbuat kebaikan. Dia bisa kapanpun, tidak harus di bulan Ramadhan saja, misalnya. Selain itu diharapkan dana dari donatur bisa tergali secara optimal dan semangat berbaginya sama dengan bulan lain,'' ujarnya.

Kampanye Humanesia ini pun memiliki delapan program unggulan. Program tersebut antara lain, Sahabat Berbagi Harapan, Beasiswa Anak Hebat, Hemodiabisa, Terima Kasih Ibu, Garut Bangkit, Tebus Ijazah, Berbagi Hak Gizi, dan Detak Harapan.

Sementara Ketua Panitia Humanesia, Ahmad Faqih, menuturkan, lewat program ini pihaknya menargetkan sekitar 250 ribu orang penerima manfaat. Selain itu target donasi yang terkumpul mencapai 33 miliar rupiah, dari rentang akhir November 2015 hingga awal Januari 2017.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga akan memberikan sejumlah kemudahan bagi para donatur atau calon donatur untuk menyalurkan donasinya. Kemudahan itu antara lain persebaran 50 counter Dompet Dhuaffa di sejumlah Mall dan Restoran di Jakarta. ''Tidak hanya itu, kami juga telah melakukan kerjasama dengan mitra perbankan. Sehingga donatur dapat menyalurkan dananya lewat kanal perbankang, seperti QR Code, e-Money, atau debit,'' tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement