Senin 06 Feb 2017 09:02 WIB

Tokoh Nelayan Antar Perusak Mapolsek Cisolok Serahkan Diri

Rep: joko suceno/ Red: Andi Nur Aminah
Kantor Polres Cisolok yang dirusak massa, Jumat (3/2)
Foto: Joko Suceno/Republika
Kantor Polres Cisolok yang dirusak massa, Jumat (3/2)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah tokoh nelayan di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, turut mengantar para pelaku perusakan kantor Polsek Cisolok yang menyerahkan diri. Ada enam pelaku perusakan yang menyerahkan diri kepada polisi Ahad (5/2) sekitar pukul 09.00 WIB. 

Para pelaku perusakan tersebut diantar oleh tokoh nelayan yang dipimpin Ketua BPD HSNI Kabupaten Sukabumi, H Nandang. Enam pelaku perusakan yang menyerahkan diri yaitu DR (20 tahun), YK (25), Hen (37), Wil (25), Jun (25), dan WB (32). Mereka seluruhnya warga Desa Cikahuripan. "Saat ini mereka tengah menjalani pemeriksaan di Polsek Cisolok," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus kepada para wartawan, Senin (6/2).

Menurut Ketua BPD HSNI Kabupaten Sukabumi, H Nandang langkah menyerahkan diri tersebut sebagai bentuk tanggungjawab para pelaku atas perbuatannya. Dengan menyerahkan diri, imbuh dia, akan mempermudah dan mempercepat proses hukum atas peristiwa tersebut. 

"Kami yakin polisi akan bersikap profesional dan bijaksana dalam menangani kasus tersebut. Kami yakin tindakan mereka adalah spontanitas lantaran disulut emosi. Mudah-mudahan ini jadi pelajaran berharga bagi kita semua," kata dia yang turut mengantar dan menunggui para pelaku saat menjalani pemeriksaan.