Jumat 03 Mar 2017 20:40 WIB

Kemenlu RI: S‎antunan Crane Terhambat Data Korban Negara Lain

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah jamaah melintasi crane proyek perluasan masjid yang jatuh di Masjidil Haram, Makkah pada 12 September 2015.   (Reuters/Mohamed Al Hwaity)
Sejumlah jamaah melintasi crane proyek perluasan masjid yang jatuh di Masjidil Haram, Makkah pada 12 September 2015. (Reuters/Mohamed Al Hwaity)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Santunan dana untuk keluarga korban yang terkena reruntuhan crane ketika pelaksanaan ibadah Haji 2015 lalu ‎masih belum cair. Dana tersebut masih mengendap di Kementerian Keuangan Arab Saudi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, dari informasi yang diterima oleh Pemerintah Indonesia, dana santunan ini sebenarnya sudah ada. Namun, karena data semua korban belum dilengkapi oleh semua negara maka dana ini belum bisa diberikan.

"‎Buat sistem di sana mereka tidak bisa mengucurkan dana kalau belum semua melengkapi data, baik korban dan ahli waris," kata Arrmanatha, Jumat (3/3).

Menurutnya, data korban dan ahli waris dari Indonesia sebenarnya sudah rampung. Sayang, terdapat sejumlah negara yang belum menyelesaikan data tersebut.‎ Sebab, korban yang terkena oleh jatuhan crane ini dari berbagai negara.