Jumat 10 Mar 2017 12:25 WIB

Puan Klaim Program PKH Efektif Tingkatkan Kesejahteraan

Red: Esthi Maharani
Menko PMK Puan Maharani (tengah)
Foto: Republika/ Wihdan
Menko PMK Puan Maharani (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengklaim Program Keluarga Harapan (PKH) yang dijalankan selama ini telah efektif meningkatkan kesejahteraan. Menurut Puan, keefektifan program PKH tersebut lantaran para penerima bantuan benar-benar bertanggung jawab dalam mengelola bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Saya lihat di lapangan memang seperti itu (efektif) karena yang menerima hanya ibu-ibu kemudian ibu-ibu tersebut bertanggung jawab kepada anaknya, dan selama saya mutar-mutar di daerah memang ibu-ibu ini punya komitmen bahwa uang ini, uang yang diberikan tersebut hanya untuk kesejahteraan anaknya," jelas Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/3).

Ia menegaskan, jika bantuan PKH yang diberikan tak digunakan secara maksimal maka pemberian bantuan juga akan dicabut. Karena itu, ia meminta agar para penerima bantuan PKH betul-betul berkomitmen memanfaatkan pemberian dari pemerintah itu.

"Memang kalau itu tidak maksimal dilakukan atau ibunya tidak mengunakan uang tersebut sebagaimana mestinya kan kita cabut," tambah dia.