Senin 15 May 2017 19:27 WIB

Tour De BUMDes Sosialisasikan BUMDes-BUMDes di Indonesia

Red: Dwi Murdaningsih
enteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Sandjojo saat pembukaan Expo BUMDes Nusantara di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi (14/5).
Foto: kemendesa
enteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Sandjojo saat pembukaan Expo BUMDes Nusantara di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi (14/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mskin serius mendorong pertumbuhan ekonomi di desa-desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sosialisasi pun dilakukan dari mulai Expo BUMDes Nusantara hingga Tour De BUMDes.

“Expo BUMDes Nusantara ini dimaksudkan untuk menampilkan dan memperkenalkan produk-produk unggulan BUMDes. Tujuannya untuk memperkenalkan dan memasarkan keragaman usaha BUMDes dari berbagai propinsi di tingkat nasional kepada potensial buyer,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Sandjojo saat pembukaan Expo BUMDes Nusantara di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi (14/5), melalui siaran pers.

Peserta Expo BUMDes ini diikuti BUMDes-BUMDes seluruh Indonesia. Beberapa stand menampilkan produk unggulan dari tiap daerahnya. Selain itu, terdapat juga Klinik BUMDes sebagai tempat konsultasi mengenai BUMDes, termasuk kerjasama dengan Bank BUMN dan perusahaan swasta dalam rangka pengembangan usaha BUMDes.

Kegiatan Tour De BUMDes dengan kegiatan bersepeda ini dilakukan dari Bukittinggi ke Lembah Harau dengan peserta sekitar 1200 orang yang terdiri dari warga dan Pegawai BUMN yang ada di Sumbar. Tour ini dimulai dari lapangan Wirabraja kemudian Kelok Sembilan dan berakhir di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluhkota. Tour De BUMDes merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Expo BUMDes 2017 yang digelar di Lapangan Wirabraja Bukittinggi.