Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

BI akan Terapkan Multi Lane Free Flow di Gerbang Tol

Rabu 31 May 2017 06:08 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya

Gerbang tol. (ilustrasi)

Gerbang tol. (ilustrasi)

Foto: www.swatt-online.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingginya tingkat antrean di gerbang tol terutama pada saat musim libur panjang membuat pentingnya penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF), yaitu proses pembayaran tol tanpa henti. Namun perlu tahapan untuk mewujudkan MLFF termasuk pemahaman masyarakat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, ada empat tahapan untuk menuju MLFF. Pertama, adalah elektronifikasi jalan tol 100 persen dengan kemudahan top up dan pendapatan kartu.

"Tahapan ini menjadi sangat penting guna mengawal transaksi masyarakat," katanya, Rabu (31/5). Diharapkan Oktober 2017 ini seluruh jalah tol menerima transkasi non tunai.

Tahap kedua adalah integrasi sistem ruas jalan tol dan ruas jalan tol. Nantinya pengguna cukup melakukan taping di gerbang masuk dan keluar dan pembayaran di pertengahan tidak akan ada lagi. Tahap kedua ini ditargetkan bisa terlaksana pada Desember 2017.

Sementara itu, dalam perjalanannya melakukan tahapan tersebut, BI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan membentuk konsorsium Electronic Toll Collection (ETC). "Kemudian akan masuk ke tahap multi lane free flow yang akan diaplikasikan paling lambat akhir 2018," ujar dia.

Konsorsium ETC berfungsi mengintegrasikan informasi data transaksi dan tarif untuk seluruh ruas jalan tol. Nantinya, konsorsium ini akan berperan besar dalam tahap integrasi ruas jalan tol serta dalam penyempurnaan model bisnis serta aspek teknis elektronifikasi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile