Senin 12 Jun 2017 20:37 WIB

Kios tak Bertuan Berdiri di Alun-Alun Utara Keraton Solo

Abdi dalem Kraton Solo di sekitar area Alun-Alun Utara Solo. (ilustrasi)
Foto: antaranews
Abdi dalem Kraton Solo di sekitar area Alun-Alun Utara Solo. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Puluhan kios tak bertuan berdiri di area parkir Pasar Cinderamata alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keberadaan kios-kios tersebut hingga saat ini tak diketahui oleh keluarga Keraton.

Terdapat sekitar 42 kios yang masih dalam tahap pembangunan. Kios-kios berdiri di area parkir hingga jalur pedestrian alun-alun utara Keraton. Tak ada satu pun pekerja maupun pedagang yang menjaga kios-kios tersebut.  Kios-kios dalam masa pembangunan itu nampak terbengkalai.

Sementara beberapa pedagang yang tak jauh dari lokasi berdirinya kios-kios tak bertuan itu pun tak mengetahui prihal pembangunan kios-kios tersebut.  Hanya saja dari penuturan beberapa pedagang mengatakan pembangunan kios dilakukan pada malam hari.

Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Benowo saat dikonfirmasi mengatakan Keraton tak tahu prihal pembangunan kios-kios di lokasi yang masih menjadi lahan Keraton tersebut. Dia juga memastikan hal itu juga tak diketahui oleh Pakubuwono XIII.

“Kami tak tahu pembangunan kios-kios itu, dari spanduk izinnya saja aneh,” tutur KGPH Haryo Benowo pada Senin (12/6) siang.

Kendati demikian, Haryo mengatakan Keraton akan menelusuri pembangunan kios-kios tersebut dan mencari tahu penanggungjawab pembangunan kios di area pasrkir pasar Cinderamata.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagiyo. menjelaskan pembangunan kios-kios tersebut atas inisiatif pedagang yang sering beroperasi di sekitar alun-alun utara Keraton namun belum memililk kios. Dia mengatakan dalam pembangunannya pedagang telah memenuhi prosedur. Kedepannya, kata dia, pengelolaan kios-kios tersebut akan diserahkan kepada Pemkot Solo.

“Setahu saya itu inisiatif pedagang, termasuk pedagang yang menggunakan mobil. Walikota sudah mengizinkkan, kalau sudah selesai akan diserahkan ke Pemkot,” katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement