Kamis 29 Jun 2017 11:58 WIB

Daging dan Cabai Diharapkan Stabil Pekan Depan

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ilham Tirta
Ilustrasi Harga Eceran Tertinggi (HET) Daging
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Harga Eceran Tertinggi (HET) Daging

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga beberapa komoditas pangan telah mengalami penurunan setelah Lebaran 2017 ini. Namun, tidak untuk daging dan cabai yang masih belum mengalami penurunan. "Target sih H+7," ujar Ketua Ikatan Pedagang Pasar Abdullah Mansuri kepada Republika.co.id, Rabu (28/6) malam.

Ia berharap harga komoditas pangan strategis seluruhnya dapat kembali stabil pada awal pekan depan. Dilansir dari website Info Pangan milik pemerintah provinsi DKI Jakarta, harga cabai rawit merah yag terkenal menjadi momok karena fluktuasi harganya, per 29 Juni dijual di kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 75 ribu per kilogram (kg).

Harga tersebut belum mengalami penurunan jika dibandingkan pada sebelum Lebaran. Bahkan, di beberapa pasar terjadi kenaikan harga cabai rawit merah sekitar Rp 5 hingga Rp 10 ribu per kg. Sedangkan, harga jual komoditas hortikultura ini di Pasar Induk Kramat Jati per hari ini dibandrol Rp 24 ribu per kg.

Angka tersebut jauh lebih rendah dari harga jual pada H-3 Lebaran, yakni Rp 36 ribu per kg. Harga daging sapi segar di Pasar Induk Kramat Jati hingga saat ini masih dijual di angka Rp 120 ribu per kg, stabil sejak H-5 Lebaran. Begitu juga harga daging yang dijual di pasar-pasar lain di DKI Jakarta. Harga daging sapi yang dijual berada di kisaran Rp 110 hingga Rp 140 ribu per kg.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement