Rabu 30 Aug 2017 15:29 WIB

Jokowi Kurban Sapi Hampir 1 Ton untuk Warga Bantul

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Indira Rezkisari
Joko Widodo
Foto: Republika/ Wihdan
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Tahun ini ada delapan hewan kurban yang diserahkan di Kantor Gubernur DIY, Kepatihan Yogyakarta, Rabu (30/8). Sapi kurban jenis PO yang berasal dari Presiden Joko Widodo untuk warga DIY terbesar diantara delapan hewan kurban lainnya yakni dengan berat 800-900 kilogram dengan harga sekitar Rp 45 juta.

Sapi dari Presiden diserahkan untuk warga Kabupaten Bantul, kata Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bagian Pelayanan Biro Umum dan Protokol Setda DIY, Iswanto, di sela-sela penyerahan hewan kurban di Kepatihan, Rabu (30/8). Sementara itu tujuh sapi kurban dari Pemda DIY.

“Sapi dari Presiden diberikan kepada kabupaten/kota secara bergantian. Pemberian sapi dari Presiden Jokowi sudah tiga tahun berturut-turut yakni tahun 2015 diserahkan untuk masyarakat Gunung Kidul, dan tahun 2016 sapi kurban dari Presiden diserahkan untuk masyarakat Kulonprogo,” kata Iswanto. Semua sapi (termasuk sapi Jokowi) diambil dari kelompok tani di Cangkringan, Sleman.

Selanjutnya Iswanto mengungkapkan dari tujuh sapi yang berasal dari Pemda DIY, dua diantaranya diserahkan masing-masing kepada Masjid Gede Kauman dan Masjid Pakualaman. Harga dua sapi tersebut masing-masing adalah Rp 30 juta. Sementara lima sapi lainnya diserahkan ke kabupaten/kota. Masing-masing harganya Rp 22 juta, jelasnya.

Menurut Iswanto penyerahan hewan kurban tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini hewan kurban diserahkan pada H-2 Idul Adha. Sehingga ada waktu satu hari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement