Rabu 06 Sep 2017 09:39 WIB

Profauna Tolak Penurunan Status Cagar Alam Pulau Sempu

Red: Ratna Puspita
Arus dari Samudra Hindia masuk ke Segoro Anakan di Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur.
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Arus dari Samudra Hindia masuk ke Segoro Anakan di Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Organisasi lingkungan Profauna Indonesia menolak wacana terkait penurunan status Cagar Alam Pulau Sempu di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi Taman Wisata Alam. Profauna mengkhawatirkan perubahan status itu semakin mengancam kelestarian satwa liar dan flora di pulau itu.

Ketua Profauna Indonesia Rosek Nursahid di Malang, Jawa Timur, Rabu (6/9), mengemukakan, penurunan status Pulau Sempu dari cagar alam menjadi taman wisata alam itu bukan hanya mengancam kelestarian spesies langka yang ada di pulau itu. Ini juga sebagai langkah mundur dalam konservasi alam Indonesia.

"Kuatnya tekanan agar status Pulau Sempu diturunkan menjadi taman wisata alam ini, tidak bisa menjadi pembenaran. Justru sebaliknya, perlindungan terhadap cagar alam ini harus ditingkatkan," kata dia.

Dia mengatakan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup tidak boleh menyerah dengan tekanan terhadap Cagar Alam Pulau Sempu. Menurut dia, solusinya bukan dengan menurunkan statusnya, tetapi memperkuat upaya perlindungannya.