Senin 23 Oct 2017 04:22 WIB

Payung Hukum Densus Tipikor, Revisi KUHAP Bisa Jadi Solusi

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani
Aksi antikorupsi (ilustrasi)
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Aksi antikorupsi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerangka hukum pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) masih menimbulkan perdebatan sejumlah pihak. Pasalnya, kerangka hukum pembentukan Densus Tipikor juga berkaitan dengan kewenangan yang akan dimiliki densus antirasuah tersebut.

Kapolri Jenderal Polri Tito Karnavian berharap agar setidaknya Kejaksaan Agung menyiapkan tim khusus untuk penuntutan korupsi agar penanganan perkara tidak bolak balik dari Densus Tipikor ke Kejaksaan. Praktisi hukum Persatuan Jaksa Indonesia, Redha Manthovani menilai, solusi agar penanganan perkara korupsi atau perkara pidana lainnya menjadi lebih efisien adalah dengan merevisi UU No.8/1981 tentang KUHAP.

"Kalau ingin memperbaiki sistem, Revisi KUHAP harus ditindaklanjuti di DPR, dari zaman SBY masih didiamkan," ujarnya di Cikini, Jakarta Pusat, Ahad (22/10).

Proses yang dimiliki oleh KUHAP, menurut Reda, saat ini menyebabkan bolak-balik berkas perkara antara penyidik dan penuntut umum. Selain itu, tidak adanya pengawasan horizontal atas tindakan yang telah dilakukan oleh penyidik oleh penuntut umum menyebabkan seringkali suatu penyidikan tidak ditindaklanjuti ke tahap berikutnya oleh penyidik.