Ahad 19 Nov 2017 22:13 WIB

Program KB Tasikmalaya Terbaik di Jabar

Red: Ani Nursalikah
Seorang ibu memperlihatkan kartu peserta Keluarga Berencana (KB).
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Seorang ibu memperlihatkan kartu peserta Keluarga Berencana (KB).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Kartiwa menyatakan Kampung KB di Kabupaten Tasikmalaya merupakan yang terbaik di Jawa Barat sehingga dapat menjadi contoh bagi kota/kabupaten lainnya.

"Apa yang sudah kita (Pemerintah Provinsi Jabar) rekomendasikan ke Bupati ditindaklanjuti oleh Bidang KB, cukup baik," kata Iwa saat meresmikan Kampung KB di Dusun Sukamulya, Desa Cileuleus, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (19/11).

Ia menuturkan, Kabupaten Tasikmalaya telah berhasil dalam menerapkan program KB terutama program Kampung KB yang saat ini terus dikembangkan. Keberhasilan itu terlihat dari 351 desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, sudah 342 desa di antaranya terbentuk Kampung KB.

"Dari 351 desa, sudah terbentuk 342 Kampung KB di tiap desa, ini mungkin yang terbaik di Jawa Barat," katanya.

Ia menjelaskan, program KB tidak hanya membahas pada program cukup dua anak untuk menekan angka kelahiran, tetapi dapat diterapkan lebih luas dalam membangun masyarakat.

Ia menyebutkan program lain dari KB, pemberdayaan masyarakat, pola hidup bersih dan sehat serta peningkatan ekonomi, seperti yang telah dijalankan di Kampung KB Sukamulya, yakni program bantuan pengembangan ayam arab petelur.

"Telur yang dihasilkan dijual dan warga pun menyisihkan satu telurnya guna kebutuhan kelompok KB di kampung tersebut," katanya.

Menurut dia, pola yang telah dijalankan oleh warga di Kampung Sukamulya dapat berkembang di daerah lain sehingga pemberdayaan masyarakat menuju sejahtera dapat berjalan sesuai harapan. "Diharapkan bisa dikembangkan guna meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat Jabar," katanya.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement