Kamis 14 Dec 2017 20:10 WIB

'Muhammadiyah Bersama Palestina dan Rohingya'

Rep: Fuji Eka Pramana/ Red: Fernan Rahadi
Muhammadiyah
Foto: wikipedia
Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak yang telah dilakukan Muhammadiyah untuk mendukung dan membantu Bangsa Palestina yang tengah berjuang mendapatkan hak kemerdekaannya dan etnis Rohingya yang terusir dari tanah kelahirannya. Muhammadiyah pun terus mendesak Pemerintah Indonesia untuk menempuh jalur politik dan diplomasi guna membantu Bangsa Palestina dan etnis Rohingya.

Dukungan Muhammadiyah untuk Bangsa Palestina dan etnis Rohingya sudah dilakukan sejak dulu. Segala cara yang baik dan bermanfaat akan terus dilakukan Muhammadiyah. Muhammadiyah juga akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia agar persoalan pelik dan lama ini bisa dicarikan penyelesaian yang maksimal.

Ketua Bidang Hubungan dan Kerja Sama Luar Negeri, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Bahtiar Effendy mengatakan, apa yang telah dilakukan Muhammadiyah terhadap Palestina kalau diceritakan secara rinci panjang sekali. Sebab dukungan tersebut sudah diberikan sejak lama.

"Barangkali yang masih segar dalam ingatan warga Muhammadiyah adalah dukungan yang digalang pada dasawarsa 1970-an dan 1980-an, ketika simbol perjuangan bangsa Palestina digerakkan oleh Yasser Arafat," kata Prof Bahtiar kepada Republika, Rabu (13/12).