Ahad 17 Dec 2017 07:40 WIB

Jalur KA Rute Selatan Jawa tak Terpengaruh Gempa

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Warrga melintas di depan rumah permanen berlantai dua yang ambruk akibat gempa bumi di Desa Gunung Sari, Jawa Barat, Sabtu (16/12).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Warrga melintas di depan rumah permanen berlantai dua yang ambruk akibat gempa bumi di Desa Gunung Sari, Jawa Barat, Sabtu (16/12).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- PT KAI Daops 2 memastikan jalur kereta api di rute Selatan Jawa tetap aman usai guncangan gempa pada Jumat (15/12) malam. "Pascagempa yang terjadi Jumat malam sampai gempa susulan pada Sabtu pagi, regu siaga kami langsung turun ke lapangan untuk memeriksa kondisi prasarana di wilayah Daop 2 Bandung. Alhamdulillah semuanya dalam keadaan baik dan tetap aman untuk operasional kereta api," kata Manajer Humas PT KAI Daops 2 Bandung, Joni Martinus pada wartawan, Ahad (17/12).

Joni memastikan, sampai saat ini kondisi semua prasarana kereta api di wilayah Daop 2 terutama di jalur yang dekat dengan pusat gempa dalam keadaan aman. Petugas Daop 2, kata dia selalu siaga untuk mengecek kondisi jalan rel, jembatan, terowongan, stasiun, dan persinyalan. Petugas-petugas pemeriksa rutin dan juga petugas tambahan (flying gank) tetap disiagakan di seluruh lintas.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi jalur kereta api tetap aman untuk dilintasi," ujarnya.

Sebelumnya, gempa ikut dirasakan di kawasan Priangan Timur. Ratusan rumah mengalami kerusakan di Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, hingga Pangandaran.