Ahad 08 Apr 2018 07:45 WIB

Satpol PP Diminta Tegas tapi tak Emosional Terkait NYIA

Pembangunan bandar udara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sempat ditolak.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO -- Pembangunan bandar udara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sempat memicu penolakan. Karenanya, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, meminta semua elemen yang bertugas bisa melaksanakan tugasnya secara profesional.

Ia menilai, pembangunan NYIA sudah tentu akan memberikan pekerjaan baru terutama bagi Satpol PP dan Salinmas di Kabupaten Kulonprogo. Untuk itu, Hasto meminta mereka untuk senantiasa bertindak tegas, tapi dilakukan dengan tidak emosional. "Ketegasan itu penting sekali, tapi ketegasan ini bisa dilakukan dengan tidak emosional," kata Hasto saat menjadi inspektur upacara HUT Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 di halaman Pemkab Kulonprogo beberapa waktu lalu.

Hasto berpendapat, sikap tegas memiliki dua unsur yang terdiri atas keep on track atau sesuai regulasi dan aturan yang ada, sehingga yang tidak sesuai harus diluruskan. Sedangkan, unsur kedua ketegasan itu merupakan istiqamah.

Untuk itu, ia berharap Satpol PP dan Salinmas agar tetap istiqamah terhadap apa yang sudah ditegakkan, tidak perlu ada unsur marah-marah. Termasuk, lanjut Hasto, istiqamah seperti saat menutup suatu tempat hiburan dan penurunan baliho rokok.

"Seperti jika sudah menutup suatu tempat hiburan karena tidak sesuai Perda, kita kukuh mempertahankan agar tidak hidup lagi, itu contoh," ujar Hasto.

Selain itu, ia memberi contoh kasus saat menurunkan baliho rokok, Satpol PP dan Satlinmas tidak usah ragu-ragu menurunkannya karena itu sesuai aturan Perda. Tapi, Hasto mengingatkan agar menurunkannya dilakukan secara sopan, tidak marah-marah.

Ia meyakini, Satpol PP dan Salinmas yang ada akan bekerja dengan baik. Terlebih saat ini Kabupaten Kulonprogo memiliki Kapolres baru yang akan mendampingi semua itu. Hasto turut meminta ada regu baru yang ditugaskan Kecamatan Wates.

Sejauh ini, Hasto menerangkan jika permintaan ada regu baru dari Satpol PP di Kecamatan Wates untuk memerkuat keamanan dan ketertiban. Ia mengungkapkan, setelah Kecamatan Wates, regu baru diminta dikembangkan ke Kecamatan Temon dan seterusnya. "Ini juga untuk mendukung ketugasan Polri dan TNI," kata Hasto. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement