Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

4 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Leonardo Di Caprio Jadi Nama Kumbang Jenis Baru

Rabu 02 May 2018 21:15 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah

Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio

Foto: Reuters
Kumbang ini termasuk di antara tiga spesies baru.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ilmuwan telah memutuskan menamai kumbang air jenis baru dengan nama aktor Leonardo Di Caprio. Bintang Titanic itu diberi kehormatan sebagai nama serangga yang ditemukan di Maliau Basindi, Malaysia.

Dengan nama ilmiah Grouvellinus leonardodicaprioi, kumbang ini termasuk di antara tiga spesies baru. Penemuan kumbang itu terjadi ketika dilakukan perjalanan lapangan yang dijalankan oleh Expeditions Taxon, sebuah kelompok yang berbasis di Belanda.

Kelompok lapangan itu melakukan ekspedisi ke daerah-daerah terpencil untuk orang yang tertarik pada alam dan sains. Perjalanan itu membantu mereka membuat penemuan ilmiah.

photo
Kumbang jenis baru Grouvellinus leonardodicaprioi. (Foto: Taxon Expeditions, Hendrik Freitag)
Pengumuman penamanan kumbang baru itu muncul di jurnal Zoo Keys. Inisiatif tersebut muncul karena fokus aktor peraih Oscar tersebut terhadap lingkungan. Pengumuman itu pun bertepatan dengan peringatan 20 tahun peluncuran yayasan lingkungan hidup Leonardo Di Caprio Foundation.

Kumbang Grouvellinus leonardodicaprioi bergabung dengan serangga lain yang telah dinamai dari nama orang-orang terkenal. Beberapa tokoh tersebut seperti ngengat Donald Trump yang berambut pirang dan lalat Arnold Schwarzenegger bersayap besar. Kate Winslet yang membintangi Titanic bersama Di Caprio pun sudah memiliki seekor kumbang.

"Kecil dan hitam, kumbang baru ini mungkin tidak memenangkan Oscar untuk karismanya, namun dalam konservasi keanekaragaman hayati, setiap makhluk berharga," kata pendiri dan ahli entomologi Taxon Expeditions Iva Njunjic, dikutip dari USA Today, Rabu (2/5).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile