Jumat 04 May 2018 18:05 WIB

Polres Tasikmalaya Tangkap Pembeli dan Pengedar Psikotropika

Polres Tasikmalaya Tangkap Pembeli dan Pengedar Psikotropika

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Obat-obatan psikotropika. Ilustrasi
Foto: .
Obat-obatan psikotropika. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  TASIKMALAYA -- Satuan Narkoba Polres Tasikmalaya menangkap dua pelaku penyalahgunaan psikotropika berinisial A (20 tahun) dan I (19). Keduanya warga Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Wakapolres Tasikmalaya Kompol Rikky Aries Setiawan menyampaikan kedua pelaku berstatus sebagai pembeli dan pengedar. Mereka bertransaksi menggunakan telepon selular.

"Pembeli kami amankan terlebih dahulu. Kemudian dilakukan pengembangan dan dari informasi si pembeli mengarah ke pengedarnya. Setelah itu kami kembangkan dan pengedarnya juga berhasil kami amankan," katanya usai gelar perkara di Mapolres Tasikmalaya, Kamis (3/5).

Tak hanya kedua pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa 160 butir obat jenis double Y atau obat keras yang memiliki kandungan eximer tinggi.

"Kepada petugas pelaku mengaku pil ini dijual seharga 500 ribu satu paket. Satu paket isinya sekitar 100 butir," ucapnya.

Hingga saat ini, polisi masih mendalami dan mengembangkan kasus peredaran psikotropika ini guna mengungkap jaringannya. Untuk kedua pelaku dijerat Pasal 196 Jo 198 (1), UU RI No.36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

"Dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun," tuturnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى مَدْيَنَ اَخَاهُمْ شُعَيْبًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ فَاَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ اَشْيَاۤءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan kepada penduduk Madyan, Kami (utus) Syuaib, saudara mereka sendiri. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah. Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.”

(QS. Al-A'raf ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement