Jumat 13 Jul 2018 11:42 WIB

Pelabuhan Bagendang dan Bumiharjo Segera Dipercantik

Pengembangan pelabuhan untuk memperlancar arus logistik.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolanda
Terminal petikemas (ilustrasi).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Terminal petikemas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelabuhan Bagendang di Sampit, dan Pelabuhan Bumiharjo di Kumai, serta Terminal Kalibaru Barat di Semarang dipastikan akan segera memiliki wajah baru. Kepastian tersebut didapat setelah Pelindo III dan PT Wijaya Karya (Wika) menandatangani kerja sama proyek perpanjangan dermaga di Pelabuhan Bagendang, dermaga multipurpose baru di Pelabuhan Bumiharjo, serta desain and build terminal Kalibaru tahap I.

"Adapun total nilai kontrak seluruh pekerjaan sebesar Rp 1,02 triliun," kata CEO Pelindo III Ari Askhara di Surabaya, Jumat (13/7).

Ari Askhara mengaku, kerja sama yang disepakati Pelindo III dan Wika ini merupakan mewujudkan keinginan yang terpedam dari para pelanggan kedua perusahaan. Yakni, mewujudkan sebuah produk yang unik dan tidak biasa, sehingga menjadi ikon dan dikenang sepanjang masa.

Selain itu, seluruh proyek pengembangan ini menggunakan sistem Building Information Modelling (BIM) dalam melakukan perencanaan pembangunan untuk proyek investasi ini. Ari berharap, penerapan model Architecture, Engineering, Construction, Operation dan Maintenance (AECOM) di BIM bisa mempercepat penyelesaian pekerjaan infrastruktur pelabuhan yang sedang dikembangkan.