Selasa 24 Jul 2018 22:08 WIB

FIK UI Kembangkan Sistem Informasi Posyandu Berbasis IT

Pengelolaan data secara manual memiliki banyak kekurangan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Petugas menimbang balita di Posyandu Bunga Tanjung, Kelurahan Kebon Baru, Jakarta, Jumat (16/12).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas menimbang balita di Posyandu Bunga Tanjung, Kelurahan Kebon Baru, Jakarta, Jumat (16/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Posyandu Cempaka dan Flamboyan, Depok. Kegiatan, yang didukung Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) UI, diselenggarakan pada Juli hingga September 2018.

Ketua Pengabdian Masyarakat Ns La Ode Rahman mengatakan pihaknya bersama tim IT berupaya mengembangkan sistem informasi posyandu berbasis IT. Pengembangan sistem ini ditujukan sebagai salah satu upaya mendukung SDGs melalui peningkatan peran serta masyarakat khususnya kader posyandu dengan membangun efikasi diri kader. 

"Dengan penerapan sistem ini diharapkan efikasi diri kader dapat ditingkatkan, serta memberikan kemudahan bagi pihak terkait dalam memperoleh data kesehatan khususnya terkait kesehatan ibu, bayi dan balita," tutur dia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/7)

Ia mengatakan hingga saat ini sistem pencatatan di posyandu umumnya masih konvensional atau manual menggunakan kertas sehingga cenderung kurang efisien. Berdasarkan data penelitian yang pernah dilakukan, pengelolaan data secara manual memiliki banyak kekurangan, baik dari segi waktu, keakuratan input dan proses data, serta pelaporan.

Banyaknya data yang harus dicatat dengan sistem pencatatan yang masih manual berupa form berbasis kertas cenderung tidak tertata dengan baik. Pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa kader cukup kesulitan dalam mengelola dan mencari data ataupun informasi terkait kesehatan ibu, bayi dan balita yang dibutuhkan khususnya untuk pelaporan. 

Oleh karena itu, tuturnya, sistem informasi posyandu terintegrasi yang dikembangkan dalam pengabdian ini menjadi salah satu sistem administrasi dan dokumentasi dalam melakukan pencatatan serta pelaporan berbagai kegiatan di posyandu. 

Format dokumentasi ataupun pelaporan yang awalnya diisi satu persatu secara manual, dapat dipermudah oleh sistem berbasis IT ini yang salah satunya dengan menggunakan fitur integrasi data. Melalui fitur ini, sistem data base yang mengacu pada 7 Format baku dari pemerintah, dapat diintegrasikan dan di eksport menjadi data lengkap berformat PDF atau Excel.

Fitur ini sangat memudahkan untuk keperluan pelaporan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak terkait seperti puskesmas. Demi mendukung terealisasinya sistem ini, tim pengabdian masyarakat FIK-UI juga memberikan laptop untuk masing-masing posyandu (Cempaka dan Flamboyan).

Setiap posyandu mendapatkan 2 unit laptop sebagai inventaris tetap posyandu. Laptop ini dapat digunakan untuk menjalankan sistem informasi posyandu terintegrasi (yang dikembangkan tim pengmas FIK-UI) pada saat kegiatan posyandu berlangsung.

Ia menambahkan pengabdian masyarakat ini diawali dengan diskusi (FGD) bersama kader-kader posyandu Cempaka dan Flamboyan terkait pelaksanaan sistem pencatatan/dokumentasi posyandu, studi literatur, content development, finalisasi software, sosialisasi, pendampingan serta evaluasi program. Pengabdian masyarakat  ini diketuai oleh Ns. La Ode A Rahman, S.Kep, MBA ini, bersama timnya Dr Hanny Handiyani, SKp., Mkep; Ns. Muhammad Chandra, S.Kep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement