Sabtu 08 Sep 2018 06:18 WIB

Kronologi Penunjukan Erick Thohir

Pada 20 Agustus, Erick diminta oleh Jokowi untuk menjadi Ketua tim kampanye.

Pengumuman Tim Kampanye Nasional. Presiden Joko Widodo (kedua kanan), Wapres Sekaligus Ketua Tim Pengarah Tim Kampanye Nasional Jusuf Kalla (kedua kiri), Cawapres KH Maruf Amin (kanan), dan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir befoto usai pengumuman Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Maruf Amin di Jakarta, Jumat (7/9).
Foto: Republika/ Wihdan
Pengumuman Tim Kampanye Nasional. Presiden Joko Widodo (kedua kanan), Wapres Sekaligus Ketua Tim Pengarah Tim Kampanye Nasional Jusuf Kalla (kedua kiri), Cawapres KH Maruf Amin (kanan), dan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir befoto usai pengumuman Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Maruf Amin di Jakarta, Jumat (7/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha muda Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN/Timses) pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Jumat (7/9). Erick Thohir sudah mulai didekati sejak sebelum perhelatan Asian Games 2018 pada 18 Agustus lalu.

''Sama pak Erick tidak hanya pas Asian Games, pas Inasgoc. Sebelumnya ya kan sudah sekali, dua kali,'' kata Jokowi usai pengumuman Ketua Tim Kampanye Nasional Pasangan Capres Cawapres Jokowi-Ma'ruf di Rumah Cemara, Jakarta, pada Jumat, terkait latar belakang dirinya bersama Erick Thohir.

Jokowi menilai Erick sebagai profesional sekaligus pengusaha muda besar. Dengan kehadiran bos Mahaka Group tersebut, Jokowi menilai kombinasi antara pengusaha muda dan tokoh politik dalam tim kampanyenya akan semakin baik.

Pendekatan terhadap Erick berlanjut ketika perhelatan Asian Games 2018 sedang berlangsung. Pada 20 Agustus, Erick diminta oleh Jokowi untuk menjadi Ketua tim kampanye.

Pengusaha di bidang media dan olahraga ini mengaku mendapatkan arahan dari Jokowi untuk melakukan strategi-strategi untuk memenangkan Pilpres 2019 nanti. ''Kita akan diskusi strategi ke depan. Beliau (Jokowi) mengarahkan sangat sederhana bahwa kita tak bekerja kepada beliau saja, tapi kepada rakyat juga,'' ujarnya.

Pada Jumat (7/9) siang, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, sosok ketua tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf telah dipilih dan diterima oleh sembilan partai koalisi pendukung. Namun, Hasto enggan merinci identitas ketua tim kampanye yang akan diumumkan oleh Jokowi pada sore harinya.

Hasto hanya menyebutkan bahwa ketua kampanye memiliki pengalaman di kancah nasional dan internasional. Nama ketua tim kampanye, ucap Hasto, merupakan nama-nama yang sudah beredar di publik. Kandidatnya adalah Erick Thohir, Najwa Shihab, dan Chairul Tanjung.

''Dia punya daya terobosan dan daya kreativitas yang baik,'' ujar Hasto seperti dikutip dari Antara.

Hasto saat itu memastikan nama ketua timses pasangan Jokowi-Ma'ruf telah mengerucut pada satu nama. Jokowi juga telah memastikan kesediaan nama tersebut menempati posisi Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf.

''Bapak Presiden sudah menghubungi,'' ujar Hasto. ''Hari ini, pak Jokowi direncanakan akan mengumumkam siapa yang ditunjuk sebagai ketua tim kampanye nasional.''

Pada Jumat (7/9) pukul 16.25 WIB, Erick Thohir terlihat tiba di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat. Ia datang disambut anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengenakan pakaian berwarna merah marun bersama dengan sejumlah petinggi PDIP.

Mobil yang mengantar Ketua Inasgoc ini tiba bersamaan dengan mobil cawapres Ma'ruf Amin. Setelah mereka tiba bersama, anggota TKN lain yang telah menunggu di depan pintu posko langsung menyambut kehadiran kedatangan keduanya.

Erick Thohir akhirnya diumumkan sebagai ketua TKN pada Jumat (7/9) sore. ''Ketua Tim Kampanye Nasional adalah Bapak Erick Thohir," kata Jokowi, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9) sore.

''Saya kira beberapa saudara semuanya sudah tahu beliau adalah pengusaha sukses, memiliki media, memiliki klub sepak bola, memiliki klub basket, dan memiliki yang lain-lainnya,'' kata Jokowi. ''Tapi, yang jelas dalam setiap hal yang beliau pimpin itu, selalu mendapatkan kesuksesan.''

Setelah ditunjuk, ketua tim rencananya langsung dikenalkan kantor kampanye yang baru di luar Posko Rumah Cemara. Mereka juga langsung bekerja di bawah ketua tim kampanye dengan program yang sudah disusun sebelumnya.

Pada Sabtu (8/9) ini, sembilan partai koalisi pendukung berencana melakukan gotong royong di Rumah Aspirasi. ''Program sudah dipersiapkan dengan baik, tetapi nanti dipertajam oleh ketua tim kampanye itu," ujar Hasto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement