Kamis 01 Nov 2018 22:05 WIB

Membuka Isolasi di Daerah 3T dengan Palapa Ring

Proyek Palapa Ring akan menghubungkan seluruh kota/kabupaten di Indonesia

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.
Foto: kominfo.go.id
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Erik Purnama Putra/Wartawan Republika

Salah satu program yang gencar dilakukan Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) adalah pembangunan di daerah 3T, yaitu terdepan, terluar, dan tertinggal. Pembangunan tidak hanya melulu soal infrastruktur, seperti jalan raya, pos lintas bantas, hingga gedung sekolah, melainkan juga sarana telekomunikasi.

Satu dari sekian proyek yang sedang digarap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yaitu merealisasikan Palapa Ring. Program pembangunan infrastruktur telekomunikasi itu berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36 ribu kilometer. Harapannya, ketika proyek infrastruktur jaringan telekomunikasi berkapasitas besar ini selesai, dapat memberikan jaminan layanan internet dan komunikasi berkualitas tinggi, aman, dan murah alias terjangkau semua kalangan.

Proyek Palapa Ring akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada dengan jaringan baru, khususnya di wilayah timur Indonesia yang kondisinya jauh tertinggal. Adapun pelaksana proyek ini dikerjakan sebuah konsorsium, yang anggotanya merupakan penyelenggara telekomunikasi di Tanah Air.