Sabtu 01 May 2010 06:29 WIB

Mau Tahu Pemain yang akan Diboyong Lippi?

Red: Endro Yuwanto
Luca Toni
Luca Toni

MILAN--Piala Dunia Afrika Selatan (Afsel) 2010 semakin mendekat dan waktu semakin menipis bagi Italia untuk menentukan punggawa-punggawa yang akan dibawa ke Afsel Juni mendatang.

Rencananya, seperti yang dilaporkan La Gazzetta dello Sport (www.gazzetta.it), tanggal 3 sampai 5 Mei pelatih Italia, Marcello Lippi, akan mengumpulkan para pemain di Hotel La Borghesiana, Roma. Kemudian pada 11 Mei mengumumkan 30 pemain yang kemudian dari jumlah itu akan diambil 23 orang yang akan dibawanya ke Piala Dunia.

Menjelang akhir Seri A Liga Italia, daftar 23+4 pemain akan diumumkan. Lippi selalu mengatakan bahwa laga-laga terakhir perebutan 'scudetto' sangat penting untuk menentukan lima atau enam nama terakhir yang akan ikut ke Afsel. Jadi, peluang setiap pemain akan sangat ditentukan oleh performa mereka di setiap pertandingan yang tersisa.

Di lini pertahanan ada enam pemain yang dipastikan mendapat tempat di pasukan Lippi. Gianluca Zambrotta, Fabio Grosso, Domenico Criscito, Fabio Cannavaro, Giorgio Chiellini, dan Nicola Legrottaglie.

Ada dua tempat yang masih terbuka di sini, bek kanan dan bek tengah. Bersaing sebagai pelapis Zambrotta adalah Christian Maggio yang bermain di klub Napoli dan Mattia Cassani yang merumput di Palermo.

Bersaing di posisi bek tengah adalah Leonardo Bonucci yang tampil apik ketika membela klubnya Bari melawan Juventus, Salvatore Boccheti, dan Daniele Bonera yang membela Fiorentina.

Penjaga gawang telah dipercayakan kepada pemain veteran asal Juventus, Gianluigi Buffon, Morgan De Sanctis dari Napoli, dan Salvatore Sirigu, penjaga gawang Palermo.

Lini tengah muka lama

Lini tengah Italia tampaknya masih akan diisi nama-nama lama seperti Andrea Pirlo, Daniele De Rossi, Gennaro Gatusso, Claudio Marchisio, dan Mauro Camoranesi.

Berbicara tentang posisi sayap, ada empat nama yang dijagokan yaitu Simone Pepe dari Udinese, Andrea Cossu dari Napoli, Marco Marchionni, dan Antonio Candreva dari Juventus.

Gagal tampil apik di laga Milan melawan Palermo, posisi Gatuso sepertinya akan terbuka untuk diperebutkan oleh Angelo Palombo yang bersinar ketika Sampdoria mengalahkan Roma di Stadion Oplimpico, dan Riccardo Montolivo yang bermain di Fiorentina. Sementara itu D'Agostino masih dibekap cidera.

Barisan penyerang masih terus diperebutkan

Barisan penyerang Italia kali ini akan diisi oleh nama-nama seperti Alberto Gilardino yang bermain di Fiorentina, Antonia Di Natale dari Udinese, dan Vincenzo Iaquinta, penyerang Juventus.

Selain tiga nama itu masih ada beberapa nama yang bisa dipertimbangkan Lippi untuk melapis ujung tombak Gli Azzuri.

Sebut saja Pazzini yang mengantar Sampdoria mengalahkan Roma di depan publiknya sendiri. Demikian pun Miccoli yang telah mencetak 17 gol musim ini dan bisa berperan sebagai 'second striker'. Juga Giuseppe Rossi yang bermain bagus di klub  Spanyol, Vilareal.

Selain masih ada beberapa nama yang berpeluang mengisi barisan striker seperti Borriello dari AC Milan, Amauri yang baru saja mendapatkan kewarganegaraan Italia, Fabio Quagliarella, Luca Toni, Antonio Cassano, Mario Balotelli, Francesco Totti, dan Alexandro Del Piero

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement