Rabu 27 Feb 2019 22:25 WIB

Ada 300 Jenis Gaya Penulisan Kaligrafi di Masa Abbasiyah

Di masa Abbasiyah, gaya lama dimodifikasi dan gaya baru diciptakan.

Seni kaligrafi adalah salah satu kegiatan yang biasa diajarkan kepada para santri pondok pesantren (ilustrasi).
Foto: Antara/Syaiful Arif
Seni kaligrafi adalah salah satu kegiatan yang biasa diajarkan kepada para santri pondok pesantren (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengembangan teknik kaligrafi terus dilakukan. Di masa Abbasiyah, dikembangkan lagi gaya-gaya baru dan modifikasi bentuk-bentuk lama.

Pada masa ini, mulai dikenal khatt Khafif Tsuluts, Khafif Sulusain, Riyasi, dan al-Aqlam as-Sittah (Tsuluts, Naskhi, Muhaqqaq, Raihani, Riqah dan Tauqi). Gaya penulisan kaligrafi yang berkembang pada masa Daulah Abbasiyah ini lebih dari 300 jenis.

Baca Juga

Sementara itu, tokoh terkemuka di zaman ini adalah al-Ahwal, Ibnu Muqlah, Ibnu Bauwab, dan Yaqut al-Musta'simi. Namun, melalui tangan Ibnu Muqlah, kaligrafi didesain menjadi bentuk-bentuk yang geometris.

Huruf-huruf diberi ukuran menurut kadar tipis-tebal dan panjang-pendek serta lengkungan goresan secara pasti sehingga menghasilkan bentuk anatomi yang seimbang. Dialah yang pertama kali membagi jenis huruf Arab atas enam gaya, yakni kufi, naskhi, riqah, diwani, ta'liq, dan tsuluts.

Rumus Ibnu Muqlah ini dinamakan al-Khatt al-Mansub yang terdiri atas komponen alif, titik belah ketupat, dan standar lingkaran. Karena itu, dalam pandangan Ibnu Muqlah, bentuk tulisan baru dianggap benar jika memiliki lima kriteria, seperti taufiyah (tepat), itmam (tuntas), ikmal (sempurna), isyba (padat atau proporsional), dan irsal (lancar goresannya). Sedangkan, tata letak yang baik (husn al-wad'i), menurut insinyur ahli geometri ini, meliputi perbaikan dalam empat hal: tarsif (rapat teratur), ta'lif (tersusun), tastir (selaras), dan tansil (ditulis bagaikan sebuah pedang karena keindahannya). Teori yang dikembangkan oleh Ibnu Muqlah ini sampai sekarang masih digunakan dan belum ditemukan teori alternatif yang lebih baik daripada al-Khatt al-Mansub.

Sementara itu, di wilayah Islam bagian barat (Magrib), yang mencakup negeri-negeri Arab dekat Mesir, termasuk Andalusia (Spanyol), pada abad pertengahan berkembang bentuk tulisan yang disebut khatt Magribi atau Kufi barat. Bentuk tulisan khatt Kufi barat ini terdiri atas khatt  Qairawani, Andalusi, Fasi, dan Sudani. Selain keempat gaya tulisan ini, dikembangkan pula corak Tsuluts Andalusi dan Naskhi Andalusi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-A'raf ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement