Jumat 26 Apr 2019 20:44 WIB

Pasokan Cabai dan Bawang Cukup Hingga Lebaran

Pasokan bawang merah saat ini sudah kembali normal.

Red: EH Ismail
Dirjen Hortikultura Suwandi bersama perwakilan petani
Foto: Humas Kementan
Dirjen Hortikultura Suwandi bersama perwakilan petani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pertanian memastikan pasokan cabai dan bawang merah mencukupi kebutuhan selama Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini. Harga bawang merah dan cabai juga diprediksi kembali normal.

Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, mengatakan, sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga, dua komoditas hortikultura yakni cabai dan bawang merah tersedia dan terjangkau. “Stoknya sangat mencukupi kebutuhan," kata Suwandi di sela-sela pertemuan pengamanan pasokan dan stabilisasi harga aneka cabe dan bawang menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2019 di Bogor, pada Jumat (26/4). 

Acara itu dihadiri para petani dan petugas dinas sentra utama produksi cabai dan bawang. Suwandi menjelaskan hal ini bertepatan dengan panen raya bawang merah dan cabai yang terjadi di sentra-sentra besar bertepatan pada bulan Mei - Juni 2019. Dengan demikian, inilah yang menjadi faktor utama penyebab kepastian pasokan dan harga kedua komoditas tersebut. 

Terkait bawang putih, Kementan bersama dengan Kemendag kompak memastikan pasokan akan segera normal seiring dengan mulai diterbitkannya Surat Persetujuan Impor kepada beberapa importir. Pasokan bawang merah saat ini sudah kembali normal. Dia mengklaim harga di pasar induk sudah dibawah Rp 20 ribu per kilo. Sentra-sentra besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan hingga Bima saat ini sudah memasuki panen.