Selasa 07 May 2019 14:16 WIB

Pendonor Berkurang, Stok Darah di Sukabumi Cukup 10 Hari

PMI akan memberikan hadiah untuk warga yang donor darah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Donor darah (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Donor darah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Jumlah pendonor darah di momen bulan puasa mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini telah diantisiaspi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi dengan menyediakan stok kantong darah sebelum memasuki bulan Ramadhan.

"Pada bulan puasa, kegiatan mobil unit dan donor darah ke kantor lebih sedikit,’’ ujar Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Sukabumi Feri Febriana kepada wartawan Selasa (7/5). Sehingga pasokan labu darah berkurang dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga

Namun, kata Feri, PMI telah melakukan langkah antisipasi dengan menggelar kegiatan donor darah sebelum puasa untuk menyiapkan stok darah dari beberapa tempat. Hasilnya saat ini stok kantong darang di UTD PMI Sukabumi mencapai sebanyak 559 labu darah untuk semua golongan darah.

Rinciannya stok labu darah golongan daraha A sebanyak 111 kantong, golongan darah B sebanyak 233 kantong, golongan darah O sebanyak 203 kantong dan terakhir AB sebanyak 12 kantong. Ratusan stok ini hanya mampu mencukupi kebutuhan 10 hingga 15 hari ke depan.