Selasa 11 Jun 2019 16:37 WIB

Masyarakat Diimbau Tenang Sikapi Sidang Sengketa Pilpres

Masyarakat juga diharapkan bisa menaati proses konstitusi di MK.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Mahkamah Konstitusi
Mahkamah Konstitusi

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sidoarjo KH Salim Imron mengajak masyarakat, khususnya umat Islam agar tenang, tenteram, dan damai dalam menyikapi jalannya persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden 2019. Salim juga mengimbau semua masyarakat bisa menaati proses konstitusi di MK.

"Taatilah proses konstitusi di MK dalam menyelesaikan sengketa pilpres. Umat Muslim, khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo, jangan terpancing ajakan berbuat anarkistis dan kerusuhan. Mari lebih tenang, wujudkan ketenteraman dan kedamaian untuk Indonesia," kata Salim ketika dikonfirmasi Republika, Selasa (11/6).

Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Hikam, Putat, Tanggulangin, Sidoarjo, itu juga menyampaikan, pesan damai dan menolak kerusuhan harus disebarluaskan, sebagaimana hal tersebut juga dilarang oleh ajaran Islam. Dia mengingatkan masyarakat agar tidak membuat kerusakan di bumi yang sudah diperbaiki sedemikian rupa. Dia mengajak masyarakat menciptakan ketenteraman dan kedamaian.

"Nah, ajaran Agama Islam dan apa yang sudah diajarkan Nabi Muhammad kepada umat Muslimlah yang harus kita junjung tinggi, yakni berupaya berbuat ketenteraman dan kedamaian, jangalah kamu berbuat kerusuhan dan kerusakan di permukaan bumi ini," ujar Salim.