Sabtu 06 Jul 2019 17:41 WIB

Kala Ibnu Batutah Singgah di Nusantara

Ibnu Batutah pun diketahui pernah singgah di Indonesia pada abad ke-14.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agung Sasongko
Perjalanan Ibnu Batuta, Ilustrasi
Foto: ytimg.com
Perjalanan Ibnu Batuta, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nyaris sepanjang hidupnya digunakan untuk melakukan perjalanan dari satu negeri ke negeri lainnya. Hampir seluruh dunia telah didatanginya. Penjelajah tersebut adalah Abu Abdullah bin Muhammad al-Lawati al-Tanjawi Ibn Batutah atau lebih dikenal dengan nama Ibnu Batutah. Pria kelahiran Maroko, 24 Februari 1304 itu sebelumnya berprofesi sebagai hakim.

Namun, setelah belajar hukum Islam, ia enggan menjalani profesi itu. Ibnu Batutah lebih memilih menjadi petualang. Ia menempuh perjalanan pertamanya pada usia 21 tahun ke Makkah untuk mengunjungi Baitullah dan makam Rasulullah.

"Aku berangkat sendirian tak memiliki teman perjalanan yang dapat menghibur, tidak pula menjadi bagian dari pelancong. Terpengaruh oleh keinginan yang tak kuasa dibendung diri, untuk mengunjungi tempattempat suci. Aku pun meninggalkan teman-teman dan meninggalkan rumah," kata Ibnu Batutah dalam catatan perjalanannya.

Sejak meninggalkan Maroko pada 1325, dia tak pernah kembali lagi ke negaranya itu selama 24 tahun. Dari Tanah Suci, dia melanjutkan perjalanan ke berbagai belahan bumi meliputi Afrika Utara, Afrika Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, Asia Timur, Asia Selatan, serta Asia Tenggara.