Jumat 19 Jul 2019 21:47 WIB

Ratusan Warga Tampung Air Bersih dari ACT Lampung

ACT membantu warga Lampung yang mengalami dampak kekeringan

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hasanul Rizqa
ACT Logo
Foto: tangkapan layar act.id
ACT Logo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Untuk yang kesekian kalinya, lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Provinsi Lampung menyalurkan pasokan air bersih kepada warga setempat yang mengalami kekeringan.

Kali ini, ratusan warga RT 07 Lingkungan I Kelurahan Susunan Baru, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung, menerima air bersih dari ACT, Jumat (19/7).

Baca Juga

Musim kemarau yang melanda kota membuat warga setempat berduyun-duyun membawa ember dan jeriken, mendatangi mobil tangki air yang telah siap di lokasi. Setelah mengisi air, warga menggotong airnya menuju rumah dan kembali lagi.

Menurut Suwarna, warga setempat, wilayah pemukimannya telah lama mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Warga sudah sulit mendapatkan air bersih sejak tujuh lalu.

Untuk kebutuhan sehari-hari, ujar dia, selama ini warga mengandalkan sumur bor yang dikelola Kelompok Masyarakat (Pokmas). Namun, belakangan kondisi air sumur bor sudah mulai kering, dan warga tidak dapat lagi mengandalkan air bersih dari sumur bor tersebut.

"Rata-rata masyarakat mengambil air di sumur Pokmas dan di sungai untuk mandi dan mencuci. Di sini ada 124 KK (kepala keluarga). Sebenarnya sangat membutuhkan air, harapanya ada bantuan sumur bor yang memadai," ujarnya.

Untuk kebutuhan dapur dan memasak, warga terpaksa membeli air galon isi ulang untuk minum dan masakan sehari-hari. Setiap hari warga harus mengeluarkan uang untuk membeli air galon isi ulang Rp 5.000 per galon, bahkan lebih dari satu galon.

"Senang sekali ada bantuan air bersih ini, sangat membantu masyarakat. ACT ini sangat dekat dengan masyarakat ada juga bantuan untuk lansia yang kurang mampu di wilayah sini," katanya.

Sebelumnya, pada musim kemarau ini, ACT Lampung telah menyalurkan air bersih ke pemukiman warga yang dilanda krisis air bersih. Diantaranya, di Panjang Selatan, Panjang Utara, Bumiwaras, Sukamenanti, Kedamaian, Kedaton, Tanjungkaran Pusat, dan Susunan Baru.

Ke depan, ACT Lampung tetap akan menyalurkan ar bersih ke pemukiman warga lainnya yang krisis air bersih. Pengiriman air bersih tersebut untuk saling membantu antarsesama yang berkekurangan.

Manajer Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan, dropping air bersih merupakan bentuk respon ACT atas potensi kekeringan yang diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Lampung. Dengan adanya pembagian air bersih ini diharapkan masyarakat bisa lebih berhemat dan penghasilanya untuk mencukupi kebutuhan yang lain.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Dan sungguh, Allah telah mengambil perjanjian dari Bani Israil dan Kami telah mengangkat dua belas orang pemimpin di antara mereka. Dan Allah berfirman, “Aku bersamamu.” Sungguh, jika kamu melaksanakan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, pasti akan Aku hapus kesalahan-kesalahanmu, dan pasti akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Tetapi barangsiapa kafir di antaramu setelah itu, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement