Selasa 23 Jul 2019 11:11 WIB

Polo Permainan Para Raja

Permainan ini diperkirakan telah hadir sekitar 2.500 tahun silam.

Red: Agung Sasongko
Olahraga Polo
Foto: Wikipedia
Olahraga Polo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polo mungkin kurang dikenal di Indonesia. Namun, di sejumlah negara, permainan ini sangat populer. Di Inggris misalnya, para anggota kerajaan kerap memainkannya. Namun, dari manakah sebenarnya asal muasal permainan ini?

Polo merupakan salah satu jenis olahraga yang dimainkan dengan menunggang kuda. Standar sebuah pertandingan polo terdiri atas empat set yang disebut chukka. Satu kali permainan atau chukka berlangsung selama tujuh menit. Setiap pemain di kedua sisi membutuhkan kuda yang baru untuk sesi yang berbeda.

Permainan ini diperkirakan telah hadir setidaknya 2.500 tahun silam di sebuah tempat berjarak sekitar 200 kilometer dari Iran, tepatnya di seberang Selat Hormuz. Diperkirakan pula, polo atau chogan (dari Bahasa Persia) berasal dari Suku Arya di Asia Tengah.

Permainan pertama chogan tercatat dalam sejarah berlangsung sekitar 600 SM. Hal ini terjadi ketika orang Persia menyerang orang-orang Turki, dan kalah. Dalam seni dan sastra Persia, ada seorang penyair yang hidup di periode tersebut hingga masa ke jayaannya di abad pertengahan.