Senin 05 Aug 2019 16:32 WIB

Mengenal Islam di Negeri Tirai Bambu

ubungan antara umat Islam di Nusantara dan Cina sudah berlangsung sejak lama.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Muslim Cina
Muslim Cina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan antara umat Islam di Nusantara dan Cina sudah berlangsung sejak lama karena tak terlepas dari peran dakwah ulama. Beberapa di antara Wali Songo juga memiliki hubungan darah dengan orang-orang Cina.

Karena itu, masyarakat Indonesia perlu kiranya mengetahui kehidupan umat Islam di Negeri Tirai Bambu tersebut. Buku berjudul Islam Indonesia dan China: Pergumulan Santri Indonesia di Tiongkokini memberikan gambaran tentang kehidupan umat Islam di Cina.

Buku ini bahkan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang kerap dimunculkan oleh umat Islam Indonesia akhir-akhir ini, seperti benarkah menjalankan ritual keagamaan dilarang di sana? Bagaimana perkembangan pendidikan, ekonomi, serta sains dan tekonologi di Cina? Bagaimana relasi antar masyarakat Indonesia dan Cina saat ini?

Buku ini ditulis oleh santri Indonesia yang tengah melanjutkan pendidikannya di Cina, mulai dari S-1 sampai S-3. Para penulis merupakan santri-mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Cina. Dalam buku ini, mereka mengulas keislaman di Cina berdasarkan pengalaman dan latar belatang keragaman studi mereka.