Ahad 11 Aug 2019 15:00 WIB

Makanan Indonesia Ramaikan Idul Adha di KBRI New Delhi

Idul Adha ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk silaturahim.

Red: Dwi Murdaningsih
Duta Besar RI untuk India Sidharto Suryodipuro bersalaman dengan jamaah shalat Idul Adha di Masjid Baiturrahman, KBRI New Delhi, India pada Ahad (11/8).
Foto: republika/ahmad fikri noor
Duta Besar RI untuk India Sidharto Suryodipuro bersalaman dengan jamaah shalat Idul Adha di Masjid Baiturrahman, KBRI New Delhi, India pada Ahad (11/8).

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan wartawan Republika.co.id Ahmad Fikri Noor dari New Delhi

NEW DELHI -- Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi menggelar perayaan Idul Adha di kompleks kedutaan pada Ahad (11/8). Sekitar seratus orang diaspora Indonesia dan staf kedutaan mengikuti shalat Idul Adha berjamaah di Masjid Baiturrahman yang berada di dalam kompleks KBRI, New Delhi, India.

Baca Juga

"Perayaan Idul Adha ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Indonesia di New Delhi dan sekitarnya untuk berkumpul, bersilaturahim. Selain beribadah, ini juga waktu untuk mendoakan sahabat-sahabat yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci," kata Duta Besar Indonesia untuk India Sidharto Suryodipuro.

Perayaan Idul Adha tersebut lebih cepat dari perayaan Idul Adha yang ditetapkan di India. Perayaan Idul Adha di India baru akan berlangsung pada Senin (12/8).

Shalat Idul Adha dimulai pukul 08.00 waktu setempat. Setelah shalat dan mendengarkan khutbah Idul Adha, panitia menyajikan makanan khas Indonesia berupa bakwan goreng, pisang cokelat, dan tempe goreng.

Sejumlah mahasiswa Indonesia yang turut hadir juga meramaikan acara dengan memberikan penampilan musik di panggung.

"Ini cukup ramai dan ini diselenggarakan dari kita, oleh kita, untuk kita," ujar Sidharto.

Masjid Baiturrahman KBRI New Delhi juga mengkoordinir kurban tahun ini yang terdiri atas sembilan kerbau dan satu kambing.

Salah seorang mahasiswi asal Indonesia Salsabila Putri Dywantie mengaku rela menempuh jarak sekitar tiga jam perjalanan darat dari Aligarh untuk menunaikan Idul Adha di New Delhi. Mahasiswi jurusan psikologi di Aligarh Muslim University mengaku senang bisa berkumpul dengan sesama WNI di KBRI.

"Karena di KBRI itu sudah seperti rumah. Setelah shalat kita bisa makan makanan khas Indonesia dan juga bertemu dengan warga Indonesia lainnya," kata Salsabila.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement