Ahad 25 Aug 2019 22:31 WIB

Petir Menyambar Saat Pertandingan Golf, Enam Terluka

Petir menyambar pohon pinus dan melukai enam orang di bawahnya.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Petir (Ilustrasi)
Petir (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Sebanyak enam orang tersambar petir ketika menyaksikan pertandingan golf profesional di Atlanta, Sabtu (24/8). Kejadian tersebut berawal dari hujan disertai petir, yang akhirnya menyambar pohon pinus setinggi 60 kaki dan akhirnya melukai enam orang di bawahnya yang sedang berlindung.

Juru bicara Kepolisian Atlanta, James H. White III mengatakan korban terdiri dari lima pria dan seorang remaja wanita. Saat hujan mulai, mereka sedang mencari perlindungan di bawah pohon yang tersambar petir itu dan terluka karena puing-puingnya.  Dia mengatakan, mereka langsung dibawa ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Baca Juga

Sementara itu, pihak UHL mengatakan, ketika kejadian berlangsung hanya ada kilasan dan hujan, hingga akhirnya orang-orang mulai panik dan berlindung. Ia menambahkan, efek ledakan cukup besar dan disusul dengan gempa kuat, hingga anginnya saja bisa terasa dengan jelas di sana.

"Orang-orang mulai bergerak sebelum ambulans tiba," Ujar dia seperti dilansir AP, Ahad (25/8).

Tak berlangsung lama, ambulans berdatangan ke lokasi yang letaknya sekitar 6 mil di sebelah timur pusat kota Atlanta. Para pemain yang memperebutkan 30 juta dolar AS ini juga sudah dibawa ke dalam clubhouse sebelum kilat menyambar.

Mark Russell, wakil presiden PGA Tour untuk peraturan dan kompetisi, mengatakan ada dua sambaran petir ke area pemeliharaan dan pohon di sekitar lubang ke-16. Petir yang terjadi di babak ke tiga menit ke 28 itu juga kemudian ditangguhkan selama 30 menit sebelum akhirnya dilanjut pada Ahad pagi waktu setempat dan diikuti putaran final.

 

Justin Thomas, yang memiliki keunggulan satu tembakan melalui lima lubang ketika permainan dihentikan, mengatakan para pemain sedang makan di clubhouse  dan seluruh tempat serasa bergetar.

"Yang pertama kudengar itu dari salah seorang temanku yang keluar untuk menonton," kata Thomas Dia berkata, 'Bung, saya pikir seseorang disambar petir tepat di sebelah kami.' Dan kemudian berita mulai menyebar." Kata dia.

Pekan lalu di Kejuaraan BMW di pinggiran Chicago, permaianan Phil Mickelson juga ditunda ketika petir menyambar bagian atas hotelnya. Namun sepanjang sejarah, pertandingan yang diresmikan PGA Tour itu tidak ada catatan kematian karena petir sejak musim panas 1991 lalu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement