Selasa 10 Sep 2019 03:00 WIB

Serunya Festival Comifuro ke-13

omifuro adalah acara pop culture yang memiliki tema budaya Jepang.

Rep: mgrol123/ Red: Agung Sasongko
 Festival Comifuro diadakan dari tanggal 7-8 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.
Foto: mgrol123
Festival Comifuro diadakan dari tanggal 7-8 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia terdapat beberapa acara festival yang bertema Pop Culture seperti Comic-con dan Gelar Jepang Universitas Indonesia. Salah satu contoh acara festival bertema Pop Culture yang diadakan baru baru ini adalah Comifuro atau lebih dikenal dengan Comic Frontier. Festival Comifuro diadakan dari tanggal 7-8 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Acara Comic Frontier atau lebih dikenal dengan comifuro adalah acara pop culture yang memiliki tema  pameran hasil karya literatur Jepang atau Dojinshi seperti Manga dan Anime artwork.  Oleh karenanya, di Festival Comifuro banyak vendor yang menampilkan hasil karya seni gambar anime dari para seniman komik lokal.

Acara yang sudah diadakan sejak tahun 2012 ini merupakan gelaran ke-13. Sebagaimana Festival Comifuro dari tahun tahun sebelumnya selalu memamerkan hasil karya seni dengan gaya Jepang dari seniman seniman lokal. Ada beberapa stand atau booth yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung. Bahkan, ada beberapa hasil karya yang bisa dibeli. Salah satu komik yang dibuat ada yang memiliki harga Rp. 100.000,-

“Yang saya perlihatkan ini adalah komik tentang tentara Rusia di masa lalu. Kita mengangkat tema komik berdasarkan Girls und Panzer,” tutur Sandy (26). Salah satu penjaga booth di Comic Frontier ke 13 dalam wawancaranya.