Selasa 01 Oct 2019 06:49 WIB

Hari Ini, 575 Anggota DPR Periode 2019-2024 Dilantik

Akan dilantik juga 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani
Suasana Gedung DPR jelang pengambilan sumpah anggota DPR terpilih 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Suasana Gedung DPR jelang pengambilan sumpah anggota DPR terpilih 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 711 anggota DPR dan DPD terpilih akan dilantik pada Selasa (1/10). KPU pun membantah informasi yang beredar bahwa pelantikan para wakil rakyat itu dilakukan di hotel mewah. 

"Sampai hari ini anggota terpilih (DPR dan DPD belum dilantik. Pelantikan anggota DPR, DPD terpilih itu akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober di Gedung DPR-MPR," ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (30/9).

Baca Juga

Wahyu pun membantah adanya informasi bahwa para wakil rakyat terpilih itu sudah dilantik di hotel mewah. Menurut Wahyu, acara yang melibatkan para anggota DPR dan DPD terpilih baru-baru ini merupakan acara ramah-tamah yang juga menghadirkan KPU dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Acara tersebut dikandung maksud kita bersama-sama membangun kesadaran tentang pentingnya pemerintahan yang bersih. Itulah kenapa KPU tidak sendiri tetapi kita juga menghadirkan KPK dalam hal ini Pak Alexander Marwata untuk memberikan paparan kepada calon anggota DPR dan DPD terpilih," jelas Wahyu.