Senin 28 Oct 2019 07:03 WIB

Wamendag Diharapkan Dongkrak Neraca Dagang yang Defisit

Neraca perdagangan Indonesia Januari-September 2019 defisit 1,95 miliar dolar AS.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Benny Soetrisno mengatakan kondisi neraca perdagangan Indonesia yang defisit merupakan pekerjaan rumah (PR) bagi menteri di Kementerian Perdagangan (Kemendag). Kehadiran wakil menteri perdagangan (wamendag) diharapkan mampu memperkuat kinerja dagang RI yang lesu.

Benny mengatakan, kehadiran wamendag diperlukan di tengah dinamika perekonomian global yang bergejolak dan perdagangan di dalam negeri yang kerap defisit. "Dari segi kekuatan, kinerjanya bisa kuat," kata Benny kepada Republika.co.id, baru-baru ini.

Baca Juga

Presiden Joko Widodo telah melantik politikus milenial Golkar Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Jumat (25/10) lalu. Jerry merupakan kader muda Golkar yang berusia 34 tahun dalam Kabinet Indonesia Maju.

Jerry diamanati tugas perdagangan meliputi isu perjanjian dan perdagangan internasional agar lebih kuat. Saat ini, Indonesia memang dihadapkan dengan sejumlah permasalahan perdagangan yang rumit baik dalam skala global maupun nasional. Hal itu membuat capaian neraca perdagangan dalam pemerintahan Jokowi-JK kurang menggairahkan.