Kamis 07 Nov 2019 19:36 WIB

Potret Akrab Aparat dan Masyarakat di TMMD Soppeng

Pelaksanaan TMMD bisa melestarikan gotong royong.

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Muhammad Hafil
Babinsa, Babinkabtimnas, tokoh masyarakat, dan siswa SMA ikut cerdas cermat di Lapangan Hj. Andi Besse, Desa Panincong, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng.
Foto: Erik Purnama Putra/Republika
Babinsa, Babinkabtimnas, tokoh masyarakat, dan siswa SMA ikut cerdas cermat di Lapangan Hj. Andi Besse, Desa Panincong, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng.

REPUBLIKA.CO.ID, SOPPENG -- Pada siang itu, medio pertengahan Oktober 2019, puluhan warga berkumpul di Balai Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Bapak-bapak dan ibu-ibu terlihat dengan saksama mendengarkan pemaparan pemateri yang disampaikan petugas dari Kodim 1423/Soppeng dan Polres Soppeng.

Acara penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tersebut merupakan rangkaian kegiatan nonfisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 yang diadakan di Kabupaten Soppeng. Terlihat jelas, kolaborasi TNI-Polri bersama warga menyatu dalam kegiatan tersebut. 

Baca Juga

Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Soppeng, Ipda Asep Sibli mengingatkan, warga untuk berpartisipasi aktif dalam pemeliharaan kamtibmas agar Desa Patampanua terhindar dari gangguan apapun. Meski kamtibmas merupakan salah satu tugas kepolisian, namun warga diajak untuk lebih peduli terhadap keamanan lingkungan sekitar.

Menurut Asep, setiap individu maupun kelompok masyarakat wajib memberi teladan yang baik bagi lingkungan sekitarnya agar tercipta kehidupan harmonis. Asep menyampaikan, salah satu keberhasilan menjaga kamtibmas juga berkat terwujudnya sinergitas antara Polri dan TNI di Kabupaten Soppeng. “(Kamtibnas) wilayah Kabupaten Soppeng saat ini sangat baik, semoga menjadi contoh wilayah lain,” ucap Asep.