Kamis 21 Nov 2019 23:55 WIB

Kemenkop Dukung Koperasi Kembangkan Kemitraan Ritel Ikan

Kemenkop menilai kemitraan ritel ikan bisa memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof  Dr Rully Indrawan MSi
Foto: Dok Kemenkop-UKM
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof Dr Rully Indrawan MSi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi upaya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), PT Blambangan Food Packer Indonesia, Koperasi Kelautan dan Perikanan Indonesia, serta PT Ritel Ikan Indonesia dalam mendukung Program Nasional Kemitraan Ritel Ikan Merah Putih. Kerja sama para pihak disebut dapat menciptakan sebuah ekosistem bisnis ritel ikan di mana diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para pelaku bisnis ikan di Tanah Air. 

“Karena tidak hanya menguntungkan, tetapi juga bisa membuat masyarakat sehat, terpenuhi berbagai kebutuhan dan yang jelas terjadi substitusi impor. Inilah yang kita sangat senang sekali dan ini tidak membuat kami ragu-ragu untuk mendukung upaya ini,” ungkap Sekretaris Kemenkop dan UKM Prof Rully Indrawan dalam acara Peresmian Kerja Sama dalam Mendukung Program Nasional Kemitraan Ritel Ikan Merah Putih di Jakarta, Kamis (21/11).

Prof Rully mengatakan koperasi menjadi bagian penting dari ekosistem bisnis yang tengah digagas. Karena pada dasarnya pola kemitraan bisnis ritel ikan ini dapat membuat koperasi kembali lahir dan hidup dengan wajah yang lain. 

“Dengan demikian, kami tentu saja mengamati dan mendorong dan kita sangat berharap, koperasi yang sudah dikembangkan bisa menjadi model nasional dan kemudian menjadi mata rantai yang sangat penting artinya bagi tanda petik bisnis ini,” kata Prof Rully.