Ahad 02 Feb 2020 07:02 WIB

Menteng Hawkers, Surga Pencinta Street Food

Nasi liwet milenial berkonsep rice bowl bisa ditemukan di Menteng Hawkers.

Red: Citra Listya Rini
Menteng Hawkers, salah satu pilihan wisata kuliner di Jakarta.
Foto: Republika.co.id/Citra Listya Rini
Menteng Hawkers, salah satu pilihan wisata kuliner di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  — Beragam street food alias makanan khas pinggir jalan memang digandrungi pencinta kuliner seantero jagad. Menteng Hawkers, food court di kawasan Menteng, Jakarta, adalah salah satu pilihan bagi para pencinta street food.

Kurang lebih ada 12 tenan di Menteng Hawkers yang menyajkan beragam makanan dan minuman yang siap menggoyang lidah Anda. Street food yang disajikan mulai dari makanan khas Tanah Air hingga Negeri Sakura, Jepang. Beragam minuman, es, dan jus segar yang disajikan juga bakal sukses mengakhiri kering dahaga.

“Semua yang dijual di sini sudah pasti halal ya karena salah satu syaratnya, Harganya juga ramah kantong,” kata Founder Menteng Hawkers Dhendi D Syahputra ketika dijumpai Republika.co.id di Jakarta, Ahad (2/2). 

Dhendi mengatakan, konsep street food sengaja dibuat di Menteng Hawkers. Bukan tanpa alasan, menurut dia, street food memang mudah dijumpai di berbagai belahan dunia. Namun, Dhendi memastikan, meski street food tetapi kebersihan, jaminan mutu, dan kualitas makanan tak kalah dari restoran mahal. 

“Makanan yang dijual di sini juga beragam. Mulai dari soto betawi, ayam geprek, kwetiau sapi, ketupat sayur, bakso goreng hingga nasi mercon. Ada juga mentai khas Jepang yang saat ini lagi happening. Termasuk nasi liwet milenial,” ujar pengusaha kuliner ini.

Lantaran kawasan di sekitar Menteng Hawkers adalah perkantoran, rumah sakit, kampus, dan perumahan, Dhendi mengatakan, target market-nya pun semua usia. Konsep food court kekinian juga sengaja dipilih. Jam buka Menteng Hawekrs sendiri setiap hari dari pukul 10.10 WIB sampai 22.00 WIB.

Republika.co.id mencoba beberapa menu makanan dan minuman yang ada di Menteng Hawkers. Salah satu menu makanan yang mencuri perhatian adalah nasi liwet milenial. Nasi khas Solo dan Sunda ini dikemas bergaya modern dan kekinian, namun tetap mengedepankan cita rasa liwetan khas rumahan tempo dulu. 

photo
Suasana di Menteng Hawkers.

Nasi liwet yang biasanya disajikan dengan cara tradisional dan disantap bareng-bareng, kini dikemas secara modern. Nasi liwet milenial disajikan dalam bentuk rice bowl. Varian yang ditawarkan juga dinamakan lewat menu yang eye catchy, misalnya lidah mertua, cumi cabul, dan  tongkol dongkol.

“Kita sengaja mengemas nasi liwet dengan konsep rice bowl karena berdasarkan research belum ada. Konsep ini juga memudahkan penikmatnya bisa makan di mana saja, bukan hanya liwetan khas rumahan. Gayanya juga milenial ya, tapi cita rasa tradisional tapi kekinian dan kelas internasional,” kata Indah pemilik tenan Ojoliwet di Menteng Hawkers.

Selain makanan berat, pencinta kuliner juga bisa menikmati cemilan di Menteng Hawkers. Salah satu tenan bernama Cemilan Cepuluh menyajikan beragam cemilan seperti roti panggang yang pilihan topping-nya ada 20, mulai dari keju, coklat, matcha, hingga boba yang lagi ngehits.

Jus sehat milik gerai Pome Bar juga patut dicoba di Menteng Hawkers. Kurang lebih 30 jenis jus sehat dan segar dijual, mulai dari buah naga, mangga, lemon, sampai pare. 

 
 
 
 
 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement