Ahad 12 Apr 2020 07:55 WIB

Hadapi Covid-19, BAZNAS Ajak Umat Muslim Muhasabah

Pendekatan Covid-19 jangan hanya dari ilmu kesehatan dan kedokteran.

Red: Irwan Kelana
Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS
Foto: Dok SBBI
Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mualaf Center BAZNAS (MCB) bersama BAZNAS TV menyelenggarakan agenda rutin setiap hari Ahad yaitu kegiatan Tadabbur Semesta. Pada Ahad (05/04) kegiatan itu mengangkat tajuk muhasabah yang disiarkan langsung melalui media sosial Youtube BAZNAS TV.

Siaran pers BAZNAS yang diterima Republika.co.id menyebutkan,  muhasabah ini merupakan bentuk renungan masyarakat Muslim Indonesia menghadapi wabah Covid-19. Sebagaimana tema yang diangkat pada kegiatan tersebut yaitu Mengambil Nasihat dan Pelajaran dari Wabah Covid-19.

Lebih dari 400 viewers membersamai agenda Tadabur Semesta dengan menyimak pemaparan materi dari Prof  Dr  KH  Didin Hafidhuddin MS selaku wakil letua Dewan Pertimbangan MUI Pusat yang menjadi nara sumber. Salahuddin El Ayyubi  Lc, MA yang menjabat sebagai Kepala Program Mualaf Center BAZNAS RI memoderatori kegiatan yang diawali dengan pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan doa bersama. 

Sebagai pembuka materi, Prof Didin Hafidhuddin  menyampaikan kepada peserta tentang hubungan antara wabah dan perilaku manusia. "Bagi orang yang beriman, setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini, selalu terkait dan harus selalu dikaitkan dengan perilaku manusia. Tidak ada kejadian yang berdiri sendiri" ujarnya.