Ahad 14 Jun 2020 21:41 WIB

Perjalanan Kereta Api Wilayah Daop 5 Mulai Ramai

Penumpang KA jarak jauh harus melengkapi persyaratan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Fakhruddin
Perjalanan Kereta Api Wilayah Daop 5 Mulai Ramai (ilustrasi).
Foto: ANTARA/syaiful arif
Perjalanan Kereta Api Wilayah Daop 5 Mulai Ramai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Perjalanan KA di wilayah Daop 5 Purwokerto, secara bertahap mulai ramai. Jalur KA yang sebelumnya hanya didominasi KA barang, mulai 12 Juni 2020 lalu telah dilalui cukup banyak penumpang. Bahkan pada Ahad (14/6), ada satu KA lagi yang dioperasikan.

''Mulai 14 Juni besok, ada tambahan satu KA jarak jauh lagi yang akan melintas di jalur KA Daop 5. KA yang akan menyusul dioperasikan adalah KA Bengawan dengan relasi Purwosari Solo-Pasar Senen PP,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Ahad (14/6).

Dengan demikian, tambahnya, sampai saat ini sudah ada 4 perjalanan KA jarak jauh dan 2 KA lokal Prameks yang dioperasikan melalui wilayah Daop 5 Purwokerto. Selain KA Bengawan, tiga KA lain yang sudah beroperasi adalah KA Serayu Pagi dengan relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasar Senen PP, KA Ranggajati relasi Cirebon-Purwokerto-Surabaya Gubeng- Jember PP, dan KA Kahuripan dengan relasi Blitar-Solo-Solo-Bandung PP.

Supriyanto mengaku, dalam dalam pengoperasian KA Serayu, awalnya memang tidak dijadwalkan dioperasikan mulai 12 Juni 2020. ''Namun mengingat kebutuhan masyarakat mengenai pelayanan KA di jalur tersebut, KA Serayu akhirnya dioperasikan,'' katanya.