Jumat 19 Jun 2020 21:10 WIB

Kembali Akrab dengan Budaya Betawi Lewat Lakon Doel

Generasi muda berperan dalam memajukan dan melestarikan budaya Indonesia, khususnya B

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Agus Yulianto
Maudy Koesnaedi.
Foto: Republika/Shelbi A
Maudy Koesnaedi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertunjukan Doel: Antara Roti Buaya dan Burung Merpati, Kembang Parung Nunggu Dipetik kembali hadir di situs resmi dan saluran Youtube IndonesiaKaya. Penikmat seni bisa menyimak lakon yang diprakarsai oleh Maudy Koesnaedi tersebut pada Sabtu (20/6) dan Ahad (21/6) pukul 14:00 WIB. 

Tayangan merupakan rekaman dari pementasan pada 14 Mei 2010 di Gedung Kesenian Jakarta. Pertunjukan digagas oleh Maudy bersama Teater Abang None (Abnon) Jakarta yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, dan kini menjadi bagian dari program #NontonTeaterDirumahAja. 

Doel diadaptasi dari film berjudul Si Doel Anak Modern yang dibintangi Benyamin S, Christine Hakim, dan Tutie Kirana pada 1976. Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengatakan, penayangan kembali lakon Doel turut memperingati HUT Jakarta ke-493. 

"Pementasan oleh Teater Abang None Jakarta menjadi contoh bagaimana generasi muda berperan dalam memajukan dan melestarikan budaya Indonesia, khususnya Betawi, dalam bentuk seni pertunjukan," kata Renitasari lewat pernyataan resminya yang diterima Republika.co.id.