Rabu 24 Jun 2020 00:10 WIB

Pasta Gigi Arang Bisa Putihkan Gigi? Ini 5 Faktanya!

Sebagian orang berupaya memutihkan gigi mereka dengan pasta gigi berbahan arang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Sebagian orang berupaya memutihkan gigi mereka dengan pasta gigi berbahan arang (Foto: ilustrasi sikat gigi)
Foto: mirror.co.uk
Sebagian orang berupaya memutihkan gigi mereka dengan pasta gigi berbahan arang (Foto: ilustrasi sikat gigi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki gigi yang tampak putih tentu menjadi dambaan banyak orang. Sebagian orang berupaya memutihkan gigi mereka dengan menggunakan pasta gigi berbahan arang. Alasannya, pasta gigi berbahan arang dianggap natural dan dapat memutihkan gigi. Benarkah?

Penggunaan arang untuk merawat gigi sudah dilakukan sejak Hippocrates merekomendasikannya kepada sesama orang Yunani, menurut sebuah studi dalam British Dental Journal pada 1992. Lalu pada era 1930-1940, Amerika mulai memproduksi permen karet dan bubuk berbahan arang yang diklaim dapat menyegarkan dan membersihkan gigi.

Baca Juga

Penggunaan arang dalam berbagai produk perawatan gigi dan mulut juga masih ditemukan hingga saat ini. Kandungan arang kini bisa ditemukan dalam berbagai produk, mulai dari benang gigi, pasta gigi, obat kumur dan bahkan sikat gigi.

Arang yang digunakan dalam berbagai produk perawatan gigi dan mulut umumnya adalah arang aktif. Meski dapat sedikit mencerahkan gigi, zat ini bukanlah agen pemutih gigi yang terbaik dan teraman untuk digunakan. Berikut ini adalah penjelasannya seperti dilansir LiveScience, Rabu (24/6).