Kamis 09 Jul 2020 20:26 WIB

Pandemi, Perempuan di Nigeria Bersalin di Dukun Beranak

Rumah sakit menjadi lokasi rentan terjadinya penularan covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Kaki Bayi
Foto: Pexels
Ilustrasi Kaki Bayi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) yang terjadi saat ini, tak sedikit juga para calon ibu yang sedang mengandung berjuang untuk melahirkan buah hati mereka dengan aman dan selamat. Salah satunya adalah Junaid Barakat, seorang perempuan asal Nigeria yang baru saja melakukan persalinan.

Tidak memilih rumah sakit, Barakat justru mencari bantuan dari orang yang biasa membantu persalinan secara tradisional. Meski cara ini tidak memenuhi syarat medis, ia tetap memilih ini karena kekhawatiran penularan infeksi virus corona jenis baru yang lebih rentan terjadi di pusat-pusat kesehatan besar seperti rumah sakit.

Baca Juga

“Tidak seperti dokter di pusat kesehatan, Alhaji Sulaiman Junaid (petugas yang menolong persalinan tradisional) selalu tersedia untuk melayani kami, kapanpun kami datang,” ujar Barakat.

Barakat menilai bahwa COVID-19 telah membuat segalanya menjadi lebih sulit karena sebagian besar rumah sakit merawat pasien infeksi virus corona jenis baru ini. Selama bertahun-tahun, Nigeria dikenal memiliki sistem perawatan kesehatan yang lemah, dengan investasi yang tidak memadai dan manajemen yang buruk.